Jakarta (ANTARA News) - Aparat TNI bersama Polda Metro Jaya memberlakukan tiga sistem pengamanan selama Konferensi Asia Afrika (KAA) Ke-60.

"Ada tiga kategori pengamanan KAA dari TNI dibantu Polri," kata Panglima Komando Daerah Militer Jakarta Raya (Pangdam Jaya) Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo di Jakarta, Minggu.

Agus menyebutkan tiga lapis pengamanan bagi delegasi KAA itu yakni pengamanan stasioner, semi stasioner dan "mobile" stasioner.

Agus mencontohkan pengamanan stasioner yakni dengan penjagaan radius 100 meter oleh dua personel TNI/Polri.

Untuk pengamanan semi stasioner, petugas termasuk ambulans dan kendaraan perintis "Anoa" menjaga seluruh titik yang dilintasi delegasi menuju lokasi acara di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Pusat termasuk pintu tol dan jalan arteri.

Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat yang mengganggu rombongan kendaraan peserta KAA.

Sementara itu, pengamanan "mobile" stasioner berupa kendaraan patroli yang berpindah-pindah memantau situasi dan kondisi pada suatu tempat.

TNI mengerahkan 3.550 personel dibantu Polda Metro Jaya menurunkan 4.236 personil.

Sebanyak 77 delegasi pemimpin negara akan menghadiri peringatan Konferensi Asia Afrika Ke-60 yang berlangsung pada 19 - 24 April 2015.

Para delegasi akan melakukan prosesi napak tilas dan penutupan rangkaian acara di Kota Bandung, Jawa Barat pada 24 April 2015.

Pewarta: Taufik Ridwan dan Syaiful Hakim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015