... membatalkan rencana kunjungan ke Indonesia karena harus menangani masalah peningkatan aksi kekerasan xenophobia di negaranya...
Jakarta (ANTARA News)- Menteri Hubungan Kerja Sama Internasional Afrika Selatan, Maite Nkoana-mashabane, mengatakan, meskipun Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, batal menghadiri acara Pertemuan dan Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika, Zuma tetap akan mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat.

"Sudah pasti, Presiden Zuma sudah menerima undangan dari Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi Indonesia. Dia ingin memenuhi undangan ini," kata Nkoana-mashabane usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, di Balai Sidang Jakarta, Jakarta, Minggu.

Menurut dia, hubungan antara Indonesia dan Afrika Selatan terjalin sangat kuat. Oleh karena itu, Zuma sepakat untuk bertemu dengan presiden Indonesia demi memperkuat kerja sama ekonomi, perdagangam dan sosial budaya antar kedua negara.

Dia juga mengaku Indonesia mitra penting bagi Afrika Selatan mengingat posisi Indonesia sebagai negara peninjau tetap dari pertemuan Uni Afrika.

"Patut diperhatikan, Indonesia adalah peninjau tetap dari pertemuan Uni Afrika. Saya mengambil kesempatan ini untuk mengundang Indonesia ke Afrika Selatan, untuk menghadiri pertemuan Uni Afrika," kata dia.

Maite lebih lanjut menjelaskan, kondisi yang terjadi di dalam negerinya membuat Presiden Zuma mendelegasikan kunjungan ke Indonesia kepada deputi presiden Afrika Selatan untuk memimpin delegasi Afsel dalam Pertemuan KAA.

"Saya sudah berbicara dengan pemerintah dan meminta para diplomat dan dubes Afsel (untuk mengabarkan) situasi di Afrika Selatan sudah terkendali," ujar dia.

"Tetapi presiden (Zuma) tetap memilih berada di dalam negeri guna mendampingi rakyat dan memberikan rasa aman, juga memncari pemecahan masalah untuk jangka panjang," lanjut dia.

Zuma membatalkan rencana kunjungan ke Indonesia karena harus menangani masalah peningkatan aksi kekerasan xenophobia di negaranya.

Zuma sebelumnya diagendakan tiba di Indonesia dan menggelar lawatan kenegaraan mulai Minggu, 19 April 2015, sebelum turut berpartisipasi dalam Pertemuan dan Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika 2015, yang dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada 22-24 April.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015