Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari mengajak Indonesia bergabung dalam koalisi internasional melawan terorisme yang nantinya ditingkatan oleh kedua negara untuk menghadapi tantangan besar isu ini.

"Kami harapkan Indonesia juga bergabung seperti halnya koalisi internasional yang sudah dibentuk, ada Tiongkok, Iran dan negara-negara lain yang semuanya bekerja sama untuk menghadapi tantangan besar ini," kata Jaafari di tengah Pertemuan Pejabat Tingkat Tinggi (Senior Official Meeting) Asia-Afrika di Jakarta, Minggu.

Dia juga berbicara mengenai kemungkinan meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Indonesia.

"Pertama-tama, kerja sama yang perlu ditingkatkan dengan Indonesia adalah kerja sama di bidang perekonomian," sambung Jaafari.

Dia mengatakan bahwa kerja sama pada berbagai bidang, terutama ekonomi, bisa diprakarsasi kedua negara dengan Indonesia sebagai negara produsen.

Peringatan 60 Tahun KAA digelar di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April yang akan dihadiri 32 kepala negara atau kepala pemerintahan dan 86 utusan negara, antara lain Tiongkok, Korea Utara, Iran, Myanmar, Sudan, Mesir, dan Palestina.

Pewarta: Roberto C. Basuki
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015