Jakarta (ANTARA News) - Awal bulan ini, baru saja dikabarkan tanggal peluncuran UP3 baru (perangkat canggih multi-sensor yang bisa dikenakan). Hari peluncuran itu belumlah tiba, produsen gelang pintar Jawbone telah mengumumkan hadirnya UP4, dalam kemitraannya dengan American Express.

UP4 identik dengan UP3 yang akan segera hadir. Bedanya, UP4 dilengkapi dengan chip NFC yang memungkinkannya melakukan pembayaran mobile.

Dengan UP4, pengguna akan bisa melacak semua data kebugarannya dan juga melakukan pembayaran hanya dengan menempelkan perangkat di tempat-tempat yang menerima sistem pembayaran "contactless payment".

Risiko yang mungkin ada dengan menggunakan perangkat ini adalah berbeda dari sistem PIN atau sensor sidik jari yang digunakan Google Wallet atau Apple Pay karena UP4 tidak memiliki verifikasi ketidakamanan.

VP American Express Leslie Berland mengatakan setelah berbulan-bulan percobaan, langkah-langkah seperti itu dirasa tidak perlu.

"Jika Anda merasa seseorang memakai gelang Anda, atau jika Anda kehilangan gelang Anda, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi dan menonaktifkannya sehingga menghilangkan risiko," kata Leslie.

UP4 akan hadir akhir musim panas tahun ini dengan harga 200 dolar AS (Rp2.564.000), sedangkan UP3 dibanderol seharga 20 dolar AS (Rp256.000).

UP4 dan UP3 tersedia dalam berbagai pilihan warna; hitam dan abu-abu dengan kekuatan baterai selama satu minggu, demikian phonearena.com.


Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015