Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman bertemu dengan Duta Besar Selandia Baru Trevor Matheson guna membahas kerjasama swasembada daging sapi yang akan dicapai melalui program pembibitan.

"Dalam hal ini Indonesia membutuhkan 30 ribu bibit sapi indukan. Duta Besar Selandia Baru sangat mendukung program tersebut dan mengizinkan untuk ekspor sapi indukan Selandia Baru ke Indonesia, baik untuk sapi perah maupun sapi pedaging," kata Andi Amran Sulaiman dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Menteri Pertanian menyambut gembira kerjasama ini karena Selandia Baru pertama kalinya melepas bibit indukan sapinya ke Indonesia.

Selain itu, guna menjaga keseimbangan perdagangan sektor pertanian maka Selandia Baru akan memberikan akses pasar untuk memasukkan komoditi buah tropis seperti mangga, salak, dan manggis kepada Indonesia.

Hal tersebut kemudian direspons positif Andi Amran Sulaiman dengan menugaskan Tim Teknis Kementerian Pertanian untuk menindaklanjuti hasil pertemuan itu agar segera melakukan serangkaian pertemuan dan kunjungan untuk mempersiapkan nota kesepahaman (MoU) kerja sama subsektor peternakan dan hortikultura.




Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015