Manama (ANTARA News) - Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Bahrain untuk tahun kedua secara beruntun pada Minggu, di mana pebalap Ferrari Kimi Raikkonen kembali ke podium untuk mencegah Mercedes kembali mencatatkan finis satu-dua di bawah sorotan cahaya lampu.

Kemenangan meyakinkan pebalap Britania di trek padang pasir ini merupakan kemenangan ketiganya dari empat balap musim ini, dan yang ke-36 sepanjang karirnya.

Ia memperbesar keunggulannya atas Rosberg di klasemen menjadi 27 angka. Pebalap Britania ini sekarang memiliki 93 angka, sedangkan sang pebalap Jerman telah mengumpulkan 66 angka.

Tidak seperti musim lalu, ketika ia menaklukkan rekan setimnya Nico Rosberg dari posisi start kedua melalui pertarungan ketat, Hamilton kali ini tidak begitu direpotkan oleh pebalap Jerman yang finis di urutan ketiga setelah bertarung dengan mobil Ferrari.

Rosberg menggenggam posisi kedua sampai dua putaran sebelum akhir, ketika ia tidak mengerem dengan sempurna, melaju melebar, dan memberi Raikkonen kesempatan untuk menyalipnya dengan ban-bannya yang lebih lembut dan melewati bendera finis.

Rosberg telah disalip Raikkonen sejak start, merebutnya kembali empat putaran selanjutnya, pada gerakan pertama di pertarungannya dengan sang pengemudi Ferrari.

Urutan kedua merupakan penampilan pertama pebalap Finlandia itu di podium sejak 2013, ketika ia masih membela Lotus, dan yang pertama untuk Ferrari sejak 2009.

"Saya mengincarnya," kata Hamilton kepada juara dunia tiga kali Jackie Stewart, yang melakukan wawancara di podium, ketika diingatka bahwa ia juga dapat menjadi juara dunia sebanyak tiga kali pada akhir musim.

"Ferrari memberi kami laju yang sangat bagus untuk uang kami, dan di sana benar-benar sulit untuk mempertahankan kondisi ban pada kondisi seperti ini," tambahnya seperti dilansir Reuters.

"Untungnya saya mampu menjaga mobil, menjaga ban-ban dalam kondisi sebaik mungkin dan melaju... Saya pikir kami telah memperlihatkan bahwa Mercedes tetap yang terbaik."

Pebalap Finlandia Valtteri Bottas finis di urutan keempat untuk Williams, di mana pebalap Ferrari Sebastian Vettel finis di urutan kelima setelah mengawali balap di posisi terdepan namun mengalami masalah pada sayap mobilnya.

Pebalap Australia Daniel Ricciardo finis di urutan keenam untuk Red Bull, di mana mesin mobil Renault sempat mengeluarkan asap sebelum ia melewati garis finis, dan pebalap Prancis Romain Grosjean finis di urutan ketujuh untuk Lotus.

Pebalap Meksiko Sergio Perez finis di urutan kedelapan untuk Force India, sedangkan pebalap Rusia Daniil Kyvat finis di urutan kesembilan untuk Red Bull, dan pebalap asal Brazil Felipe Massa mengambil nilai terakhir untuk Williams setelah masalah di grid membuat ia harus start dari pit lane.

Pebalap Britania Jenson Button tidak start sama sekali, karena masalah-masalah elektrikal pada power unit Honda, namun rekan setimnya yang berasal dari Spanyol Fernando Alonso, finis di urutan ke-11.

(Uu.H-RF/T004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015