Jakarta (ANTARA News) - Pebalap motor senior Valentino Rossi makin perkasa di klasemen sementara MotoGP setelah memenangi balapan di Argentina, Senin dini hari WIB. Ini adalah kemenangan kedua pebalap asal Italia itu dari tiga balapan yang telah dilakukan.

Sebelumnya juara dunia tujuh kali ini memenangi balapan pembuka di Qatar 30 Maret lalu, dan urutan ketiga di MotoGP Amerika 12 April.

Menurut laman MotoGP, dengan hasil tersebut, pebalap tim Movistar Yamaha MotoGP yang memulai balapan dari urutan kedelapan itu menambah nilai 25 poin sehingga kini menjadi 66 poin. Ia memperlebar jarak dari pembalap Andrea Dovizioso yang berada di urutan kedua dari sebelumnya hanya satu poin menjadi enam poin.

Davizioso sendiri hanya menduduki urutan kedua saat balapan yang berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo tersebut, setelah memulai balapan dari urutan keenam. Artinya, pebalap Ducati Team asal Italia ini menduduki podium kedua selama tiga kali berturut turut. Ia kini mendulang nilai 60.

Berada di urutan ketiga adalah Andrea Iannone yang juga rekan satu tim Dovizioso dengan nilai 40 setelah menduduki urutan keempat lomba. Pebalap Italia ini naik peringkat karena sebelumnya hanya menduduki urutan kempat klasemen sementara.

Sedangkan berada di urutan keempat adalah rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo. Juara dunia dua kali ini mengumpulkan nilai 37 atau tertinggal 29 nilai dibanding pemuncak klasemen.

Juara tahun lalu, Marc Marquez memperoleh hasil buruk pada balapan di Argentina itu karena terjatuh setelah bersenggolan dengan The Doctor (Rossi) saat balapan tinggal dua lap lagi. Pebalap Spanyol ini tidak dapat menyelesaikan lomba dan tidak menambah nilai.

Pebalap Repsol Honda Team yang dua kali juara dunia berturut-turut ini turun posisinya dari urutan ketiga menjadi kelima dengan nilai 36.

Klasemen sementara:

PDF

Pos.PebalapMotorNegaraNilai
1Valentino ROSSIYamahaITA66
2Andrea DOVIZIOSODucatiITA60
3Andrea IANNONEDucatiITA40
4Jorge LORENZOYamahaSPA37
5Marc MARQUEZHondaSPA36
6Cal CRUTCHLOWHondaGBR34
7Bradley SMITHYamahaGBR28
8Aleix ESPARGAROSuzukiSPA22
9Pol ESPARGAROYamahaSPA15
10Maverick VIÑALESSuzukiSPA15
11Danilo PETRUCCIDucatiITA15
12Dani PEDROSAHondaSPA10
13Scott REDDINGHondaGBR10
14Hector BARBERADucatiSPA8
15Yonny HERNANDEZDucatiCOL6
16Jack MILLERHondaAUS6
17Hiroshi AOYAMAHondaJPN5
18Nicky HAYDENHondaUSA3
19Loris BAZYamaha ForwardFRA2
20Stefan BRADLYamaha ForwardGER1
21Alvaro BAUTISTAApriliaSPA1




Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015