Solo terkenal sebagai sebuah kota yang penuh keindahan. Seni batik dan seni ukir, serta keramahtamahan penduduk adalah beberapa elemen utama yang menyempurnakan keindahan kota Solo.

Keindahan tersebut juga nampak dalam hotelnya. Banyak hotel di Solo yang menonjolkan keindahan, baik dalam konsep arsitektur maupun fasilitas dan pelayanan.

Untuk menikmati keindahan tersebut, Anda bisa coba menginap di butik hotel. Agar bisa menemukan yang terbaik dengan harga cantik, Anda bisa cari hotel Solo di Traveloka.

Sebagai referensi, ulasan singkat terhadap tiga butik hotel terbaik di Solo berikut bisa Anda simak dulu.

Rumah Turi Boutique Resort
Hotel butik bintang 3 ini mengusung tema utama “alam dan ramah lingkungan”. Arsitektur hotel dikemas dengan material dasar kayu alami serta dipercantik dengan taman dan kebun yang subur. Konsep arsitektur juga dibuat sangat ramah lingkungan, contohnya pada penggunaan air buangan kamar mandi sebagai pengairan kebun.
Rumah Turi memang didesain menjadi sebuah “rumah istirahat” yang menghubungkan alam, komunitas, seni, budaya, dan manusia.

Rumah Turi memiliki 18 kamar tamu. Seluruh kamar didekorasi dengan sentuhan kayu alami. Kamar tamu dilengkapi fasilitas modern seperti AC, TV, dan mini bar. Kedai Turi yang merupakan restoran hotel berkonsep semi terbuka menyediakan makanan khas Solo, dengan nasi liwet sebagai menu sarapan. Restoran ini bahkan memiliki kebun kecil sebagai tempat menanam rempah dan aneka bumbu dapur lokal. Ada pula layanan spa tradisional. Selagi menginap, Anda juga bisa menikmati aktivitas bersama penduduk lokal, seperti menonton wayang atau belajar gamelan Jawa.

Lokasi hotel ini berada di Jalan Srigading II nomor 12, Turisari. Hotel ini terletak sangat dekat dengan Mall Solo Paragon dan hanya beberapa menit jauhnya dari museum dan situs budaya terdekat. Cukup berkendara 15 menit dari hotel untuk menuju Stasiun Kereta Solo Balapan dan 20 menit menuju bandara kota Solo.

Rumah Batu Villa & Spa
Tercermin dari namanya, hotel ini menggunakan batu sebagai material utama bangunan. Keindahan hotel ini nampak begitu alami dengan kombinasi dinding bebatuan, atap jerami, ubin teraso dengan kerikil, serta kayu dan kaca. Rumah Batu Villa & Spa menonjolkan gaya tradisional rumah Jawa dengan taman alami yang asri.

Fasilitas modern disediakan untuk menyempurnakan pengalaman beristirahat. Sebanyak 20 vila dikemas dalam nuansa alam dan lengkap dengan fitur modern seperti AC dan TV. Ada pula kolam renang, dapur umum, restoran dengan menu rumahan, kedai teh, taman tropis, layanan tur dan travel, spa tradisional, serta fasilitas meeting. Koneksi wifi pun telah tersedia di area publik.

Rumah Batu Villa dan Spa menjadi akomodasi super tenang yang jauh dari keramaian kota. Letaknya di desa Sukoharjo Solo, sekitar 5 kilometer dari pusat kesenian kota. Pusat perbelanjaan terdekat dari hotel adalah Hartono Mall dan The Park (sekitar 10 menit berkendara). Jarak dari bandara sekitar 30 menit berkendara, sementara ke stasiun hanya 20 menit berkendara.

Grand Sae Boutique Hotel
Hotel bintang 3 ini menonjolkan nuansa modern minimalis. Tata pencahayaan unik yang dikombinasikan dengan dinding berukir dan batu granit serta lantai bermotif menjadikan hotel nampak futuristik. Hotel dikemas sedemikian rupa untuk menampilkan sensasi kemewahan dan relaksasi.

Grand Sae Boutique Hotel memiliki 45 kamar tamu dan suites. Fasilitas hotel ini terbilang lengkap dengan kehadiran spa tradisional, restoran berkonsep lokal, taman tropis yang asri, dan kolam renang. Tersedia pula klub anak-anak yang memudahkan orang tua menjaga kenyamanan si kecil selama menginap di Grand Sae. Hotel yang juga merupakan pusat konvensi ini turut menyediakan 3 ruang multifungsi serta 1 ruang pertemuan berkapasitas 200 tamu.

Grand Sae berada di Jalan Sam Ratulangi nomor 18. Lokasi tersebut tak jauh dari pusat kota dan bandara. Keduanya dapat dicapai dengan berkendara 5-10 menit saja dari hotel. Resort Tawangmangu yang legendaris berjarak sekitar 40 menit berkendara dari Grand Sae. (Adv)

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015