Oku Timur, Sumatera Selatan (ANTARA News) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan 280 bantuan alat mesin pertanian kepada petani Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatera Selatan, Senin.

Menteri Pertanian melakukan penyerahan langsung tahap pertama kepada petani desa Talang Giring sebanyak 27 unit traktor roda dua, enam unit pemipil jagung, 31 pompa air dan enam unit alat panen, sisanya akan dilakukan secara bertahap.

"Alat mesin pertanian ini untuk menambah produktifitas pada sektor pertanian, di mana Kabupaten OKU Timur menjadi daerah andalan untuk pertanian di Sumatera Selatan," kata Menteri Pertanian pada saat kunjungannya ke Sumatera Selatan.

Ia menjanjikan kepada OKU Timur, jika program Indeks Pertanian-200 dapat berjalan maksimal dan mendorong produksi beras hingga satu juta ton untuk Sumatera Selatan, maka akan ada penambahan bantuan alat mesin pertanian sebanyak 206 unit.

Selain penyerahan alat mesin pertanian, Menteri juga turun ke sawah dan melakukan penanaman secara manual bersama petani desa Talang Giring sebagai tanda penanaman perdana IP-200 dan IP-300 di desa itu.

Selama ini petani di Talang Giring hanya dapat memanen padi setahun sekali, dengan IP-200 dan IP-300 ini yang didukung oleh jaringan pengairan tersier seluas 6.021 ha daerah Muncak Kabau di Kabupaten Oku Timur, petani dapat menanam dua kali dalam setahun sehingga meningkatkan jumlah produksinya.

Bupati OKU Timur Herman Deru berharap dengan kedatangan Menteri ke daerah tersebut dapat menyemangati para petani untuk bersama-sama mencapai program swasembada beras yang dicanangkan oleh Pemerintahan Jokowi-JK.

"Saat ini seluas 126.357 hektar yang ada di OKU Timur terdiri dari sawah 77.746 hektar dan tahun lalu mengasilkan 825 ribu ton gabah kering panen dan 500 ribu ton beras pada tahun lalu," kata Heru.

Dengan program IP-200 dan IP-300 ditargetkan OKU Timur dapat menyumbang hingga 933.479 ton gabah kering panen pada tahun 2015.

Menteri Andi juga melakukan dialog dengan petani untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi mereka.

Setelah itu, Menteri Andi melakukan kunjungan ke Kabupaten Banyuasin yang juga merupakan daerah pusat beras di Sumatera Selayan.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015