Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mengajak negara-negara di Asia dan Afrika mendukung Palestina lewat program-program peningkatan kapasitas.

"Sangat penting bahwa negara-negara Asia-Afrika bersatu dalam memberikan dukungan kepada Palestina serta mengembangkan kerja sama mereka pada program-program peningkatan kapasitas," kata Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi  dalam pidato pembukaan Pertemuan Tingkat Menteri Konferensi Asia Afrika 2015 di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan bahwa Indonesia tetap teguh mendukung Palestina meraih kemerdekaan.

Pemerintah Indonesia, ia melanjutkan, meyakini bahwa memastikan kesiapan kemampuan masyarakat dan pemerintah Palestina untuk mengatur sebuah negara merdeka sama pentingnya dengan upaya mencapai kemerdekaan itu sendiri.

Pertemuan Tingkat Menteri Asia-Afrika yang dijadwalkan berlangsung pukul 09.20 WIB - 18.00 WIB merupakan tindak lanjut dari pertemuan para pejabat tinggi pada Minggu (19/4).

Kedua pertemuan membahas tiga dokumen penting yang meliputi Bandung Message, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Baru Asia-Afrika, dan Deklarasi Dukungan Kemerdekaan Palestina.

Dari ketiga dokumen tersebut, dokumen Deklarasi Dukungan Kemerdekaan Palestina merupakan dokumen pertama yang disepakati bersama dalam Pertemuan KAA Tingkat Pejabat Tinggi.

Pakar Timur Tengah dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Siti Mutiah Setiawati berpendapat Deklarasi Dukungan Kemerdekaan Palestina merupakan bentuk dukungan moral dari Indonesia.

"Dukungan moral sangat penting untuk Palestina. Penting untuk masih diakui sebagai bangsa yang bermasalah, bukan yang membuat masalah, dan perlu dukungan internasional untuk menyelesaikan masalahnya," kata Siti.

Indonesia, menurut Wakil Ketua Kajian Timur Tengah Sekolah Pascasarjana UGM itu, sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno telah memberi dukungannya terhadap Palestina.
 

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015