Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan menutup sementara Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, demi kelancaran penerbangan delegasi Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma akan dilakukan pada tanggal 24 April 2015 2015 dengan waktu 05.30 sampai dengan 18.00 WIB," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Jakarta, Senin.

Selain itu, dia menambahkan, akan ada pemberitahuan mengenai kemungkinan adanya penundaan penerbangan tanggal 20 sampai dengan tanggal 26 April.

Sementara Bandara Husein Sastranegara, menurut dia, sementara akan ditutup pada 23 April 2015 pukul 16.00 WIB sampai tanggal 24 April 2015 pukul 21.00 WIB.

Untuk mengantisipasi kedatangan para delegasi, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 19 tempat parkir di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, 15 tempat parkir di Bandara Soekarno Hatta Tangerang dan tujuh tempat parkir di Bandara Husein Sastranegara Bandung.

"Sebagai cadangan dipersiapkan juga parking stand di Bandar Udara SM Badaruddin II Palembang dan Adi Sumarmo Solo," katanya..

Kementerian juga telah membentuk posko di Bandara Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma dan Husein Sastranegara demi mendukung kelancaran perjalanan delegasi KAA.

Jonan mengatakan khusus untuk Bandara Halim Perdanakusuma, terdapat dua posko, yaitu posko untuk administrasi dan keprotokoleran serta posko untuk operasional pelayanan penerbangan

"Di samping itu, akan dilakukan prosedur standar untuk pelayanan pesawat udara VVIP yang berjumlah 32 penerbangan, sehingga akan ada expected delay terhadap beberapa lalu lintas penerbangan tadi yang menuju Halim Perdanakusuma dan Husein Sastranegara," tuturnya.

Kemungkinan penundaan penerbangan, menurut Jonan, masih bisa terjadi tanggal 25 April karena masih ada pesawat VVIP yang pulang.


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015