Jakarta (ANTARA News) - Deputi Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc membahas penyelesaian masalah perikanan saat bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta.

"Wakil Presiden dan saya menekankan pentingnya penyelesaian masalah perikanan," kata Nguyen kepada media di Kantor Wapres Jakarta, Senin.

Menurut Nguyen, kedua negara perlu menyelesaikan masalah ini dengan mengutamakan rasa kemanusiaan dan hubungan persahabatan kedua negara.

"Wapres dan saya telah melakukan pertemuan yang sukses dan sepakat bahwa Indonesia dan Vietnam merupakan dua negara mitra strategis," kata Nguyen.

Nguyen menambahkan kedua negara memiliki kerja sama komprehensif, terutama dalam bidang perdagangan dan investasi.

Wakil PM Vietnam juga meyakini hubungan kedua negara ke depan akan menghasilkan sejumlah kerja sama proyek pembangunan. "Banyak proyek akan dibangun antara kedua negara," ujar Nguyen.

Hubungan RI-Vietnam dimulai dengan pembukaan Konsulat RI di Hanoi pada 30 Desember 1955 dan ditingkatkan menjadi Kedutaan Besar RI pada 10 Agustus 1964.

Kemesraan kedua negara memasuki tingkat baru setelah ditandatanganinya "Deklarasi mengenai Kerangka Persahabatan dan Kemitraan Strategis Memasuki Abad ke-21" sewaktu mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri berkunjung ke Hanoi pada Juni 2003.


Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015