Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah warga Jakarta berharap peringatan ke-60 tahun Konfrensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) bukan sekadar seremoni sehingga perlu dimanfaatkan dengan menjalin kerjasama ekonomi yang menguntungkan Indonesia.

"Iya pasti ada harapan akan ada kerjasama, KAA pasti bukan sekedar seremonial," kata Agustinus Hadi mahasiswa pascasarjana FISIP UI di Jakarta, Senin.

Agustinus berpendapat persiapan KAA yang melibatkan warga Bandung dan Jakarta untuk mempercantik kota membuktikan peringatan ke 60 ini merupakan "hajatan" warga Indonesia.

"Persiapannya juga melibatkan warga Bandung dan Jakarta. Itu positif dan oke banget," katanya.

KAA juga diharapkan mampu mencari solusi ketertinggalan ekonomi dan kemiskinan yang masih melanda sejumlah negara peserta.

"Semoga ada kerja sama di bidang sosial ekonomi untuk menghapuskan masalah kemiskinan negara Asia dan Afrika," kata Adibrata pegawai swasta di Jakarta Selatan.

Di sisi lain, warga Jakarta berharap pemerintah Indonesia memaksimalkan pertemuan KAA untuk menjalin kerjasama yang manguntungkan.

"Walaupun kinerja pemerintah sedang dipertanyakan, tapi berpikir positif saja ya. Akan ada harapan menjalin kerjasama antar negara," kata Dizzu Nasution mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Jakarta. 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015