Banyumas (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menikmati nasi tumpeng megana dalam acara selamatan petani sebelum panen dan ikut memanen padi di sawah saat mengunjungi Desa Sidamulya, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Dia menyatakan ingin melihat langsung daerah-daerah yang sudah panen, akan panen, dan sedang panen.

Dia ingin mengetahui apakah Badan Urusan Logistik (Bulog), yang bertugas membeli gabah dan beras petani, sudah bergerak ke daerah-daerah panen.

"Saya berharap, teman-teman di Bulog harus semangat turun ke lapangan untuk membeli beras dari petani. Bapak Presiden sudah menekankan bahwa kita harus swasembada pangan, swasembada beras," katanya.


Rawan gagal

Kepala Desa Sidamulya Sugiantoro mengatakan area persawahan di desanya rawan banjir, terutama pada musim hujan, sehingga petani sering gagal panen.

Sungai di seberang Jalan Raya Buntu-Kroya, yang merupakan batas Banyumas dan Cilacap, sering meluap saat hujan turun di wilayah pegunungan bagian utara.

"Airnya meluap ke sawah dan saluran pembuangannya tidak berfungsi. Dulu pernah ada wacana pembuatan sudetan di tengah sawah tapi sampai sekarang belum terealisasi," katanya.

Ia berharap pemerintah segera merealisasikan rencana pembuatan sudetan tersebut agar area persawahan desanya bisa bebas dari banjir dan petani tidak selalu gagal panen saat musim hujan.

Selain mengunjungi Desa Sidamulya, Menteri BUMN juga mendatangi area persawahan di Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Cilacap, yang berjarak sekitar 90 kilometer dari desa itu.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015