Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun perumahan khusus bagi nelayan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup para nelayan di ibukota.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemprov DKI akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Perumahan nelayan tersebut, rencananya, akan dibangun di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara.

"Kita sudah bicarakan dengan Ibu Susi Pudjiastuti (Menteri KKP) mengenai rencana pembangunan perumahan nelayan sekaligus revitalisasi pasar ikan. Intinya, kita mau bantu nelayan," kata Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat dalam acara Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam Kelautan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut mantan Wali Kota Blitar itu, melalui pembangunan perumahan nelayan serta revitalisasi pasar ikan, maka dipastikan nasib dan kelangsungan hidup para nelayan di Jakarta akan menjadi lebih baik.

"Selain itu, kami juga akan berupaya untuk memberdayakan seluruh nelayan di Jakarta dengan kapal yang memiliki teknologi mutakhir. Jadi bukan cuma punya rumah, nelayan juga punya kapal bahkan pasar yang baik," ujar Djarot.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengaku sangat mendukung rencana pembangunan perumahan nelayan dan revitalisasi Pasar Ikan di Muara Angke tersebut.

"Tapi, rencana kita sebetulnya tidak hanya berhenti sampai di situ, kami juga akan memperbaiki perizinan dan kepemilikan kapal serta perbaikan pengelolaan sumber daya kelautan yang bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah," tutur Susi.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pihaknya juga akan memberantas illegal fishing yang merugikan nelayan Indonesia. Dalam hal tersebut, dia menginginkan agar seluruh instansi pemerintah bergerak bersama untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia.

"Kedepannya, kita ingin memperbaiki seluruh perizinan dan kepemilikan. Kita juga akan membuat nota kesepahaman dengan berbagai pihak. Semua ini dilakukan supaya illegal fishing tidak terjadi lagi dan para nelayan dapat hidup dengan sejahtera," ungkap Susi.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015