...kodrat perempuan jangan sampai tercerabut
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta generasi muda tidak kehilangan semangat Kartini yang memiliki nilai perjuangan tanpa henti untuk mewujudkan cita-cita.

"Bagaimana perjuangan Kartini tidak hilang di generasi muda, supaya kaum muda dapat menangkap spirit Kartini. Ini adalah perjuangan never ending," kata Lukman seusai menghadiri peringatan Hari Kartini di kantornya, area Lapangan Banteng Jakarta, Selasa.

Menag juga mengajak perempuan lebih dapat mandiri di tengah tantangan yang semakin banyak.

"Perempuan-perempuan kita menghadapi tantangannya sendiri. Yang perlu dijaga adalah semangat memperjuangkan hak-hak perempuan dan Kemenag memiliki tradisi memperingatinya," kata dia.

Menurut Lukman, kiprah perempuan kini sudah semakin baik jika dibandingkan di masa lalu. Banyak perempuan kini memimpin sebuah organisasi dan memimpin staf yang merupakan laki-laki.

"Kita tahu, pada jaman itu perempuan tidak setara dengan laki-laki. Tidak hanya dalam pemerintahan, tapi juga di keluarga. Dan karena perjuangan Kartini dan perempuan lain seperti Rasuna Said, Cut Nyak Dien, semua adalah pejuang perempuan, kemudian kita bisa menikmati buah hasilnya sekarang ini dengan perempuan Indonesia memiliokisi kesetaraan dan hak-hak yang setara laki-laki, itu patut kita syukuri," katanya.

Kendati demikian, Menag meminta perempuan tetap harus memahami kodratnya sebagai seorang ibu dalam sebuah keluarga. Misalnya fisik perempuan yang memungkinkan untuk menyusui seorang anak, berbeda dengan kodrat lelaki.

"Sehingga kodrat perempuan jangan sampai tercerabut," kata dia. 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015