Saya optimistis dan realistis saja. Setelah kalah 1-3 di Porto, situasinya tidak mudah, meski saya tetap optimistis dapat melaju sampai ke bakak semi-final
Muenchen (ANTARA News) - Sama-sama menghadapi hari penghakiman. Inilah suasana hati dari dua pelatih yang bakal saling bersua kemudian berduel layaknya gladiator berebut kemenangan. Mereka adalah Josep Guardiola yang membesut Bayern Muenchen dan Julen Lopetegui yang melatih FC Porto.

Guardiola melambungkan optimisme dapat mengalahkan Porto, sementara Lopetegui menyerahkan kepada asa dan kesungguhan seluruh penggawa. Bayern Muenchen segera meladeni FC Porto dalam leg kedua babak perempat final Liga Champions yang digelar di Fussball Arena, Muenchen pada Selasa waktu setempat, Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB.

Optimisme yang dilontarkan Guardiola itu lantaran tim asuhannya menelan kekalahan 1-3 dari Porto dalam laga leg pertama perrempat final Liga Champions. Ttim berjuluk "FC Hollywood" itu juga mampu meraih empat kemenangan di laga kandang musim ini, sementara Porto belum terkalahkan di ajang Liga Champions.

Bayern Muenchen di bawah arahan Guardiola siap-siap dengan tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan oleh barisan depan Porto. Di laga leg pertama, skuat Bayern justru tidak mampu keluar dari tekanan yang digelontorkan Porto.

Skuat asal Liga Portugal itu secara spartan memeragakan gaya sepak bola menyerang sejak ditangani Lopetegui. Mereka mampu memanfaatkan momen tepat untuk menekan lawan, bahkan terkesan tiadak lelah menggempur pertahanan seterunya.

Menghadapi Porto, jelas-jelas bahwa Bayern kedodoran bahkan terkesan tidak berdaya mengembangkan permainan di lini tengah. Hanya saja, pasukan asal Bavaria justru diharapkan tidak melakukan kekeliruan serupa. Ini artinya Porto bakal tampil lebih apik ketika tidak menguasai bola.

Laga Bayern kontra Porto merupakan duel di lapangan tengah. Absennya dua full-bek Porto secara potensial sangat mempengaruhi penampilan skuat asal Portugal itu.

Menghadapi situasi itu, Lopetegui akan menurunkan empat bek tengah, yang artinya kehilangan gaya gedor di lini depan. Selama ini mereka mengandalkan Alex Sandro dan Danilo dalam mengembangkan skema penguasaan bola.

Di sinilah, Bayern perlu mengambil dan memanfaatkan kekurangan Porto, hanya saja tim asal Bundesliga itu tidak diperkuat oleh dua pemain sayap. Di sinilah Guardiola perlu mengeksploitasi, meski Robben dan Ribery diragukan tampil.                  
    
Komentar dua pelatih:

* Josep Guardiola (Bayern Muenchen):
"Pertandingan ini menyimpan tantangan besar. Manakala anda menjadi pelatih Bayern maka setiap hari anda menghadapi tantangan. Selama beberapa pekan ini, situasinya tidak terlalu mudah bagi kami. Saya banyak belajar dari tugas yang saya emban selama ini."

"Saya sangat puas menangani klub ini. Meski saya menghadapi banyak masalah. Kami mampu melaju sampai semi-final Piala Jerman. Kami berusaha mempertahankan gelar Bundesliga dan kami terus berusaha melaju ke Liga Champions. Klub tahu bahwa saya bekerja."

"Ketika Anda melatih klub seperti Bayern, anda tahu bahwa segala sesuatu dapat saja terjadi. Jika anda menang maka anda sosok yang jenius, jika anda kalah maka anda banyak menuai kritik. Semuanya ini bagian dari resiko pekerjaan."

"Besok, kami harus menghadapi resiko. Pertandingan ini normal saja, Saya optimistis dan realistis saja. Setelah kalah 1-3 di Porto, situasinya tidak mudah, meski saya tetap optimistis dapat melaju sampai ke bakak semi-final."

* Julen Lopetegui (Porto):
"Tentu saja, kami harus membuat sejumlah perubahan, meski kami tetap pada skema yang tidak berubah dari laga pertama. Kami tampil sebagai tim tanpa banyak kejutan besar dan mudah diprediksi."

"Ketika kami menguasai bola maka kami ingin menyerang, ketika kami tidak menguasai bola maka kami ingin cepat melapis pertahanan. Saya tidak ingin buang-buang energi dan hanya memikirkan apa yang akan dilakukan Bayern. Kami fokus kepada apa yang perlu kami lakukan dalam pertandingan nanti."

"Kami perlu terus berlatih. Kami menumbuhkan dan mengembangkan ambisi besar. Pertandingan nanti merupakan tes dalam mana kami harus menjawab pertanyaan. Kami melawan Bayern sebagai salah satu tim terbaik di dunia. Kami tidak melulu fokus kepada apa yang akan kami lakukan. Kami perlu terus berkonsentrasi dengan menciptakan banyak peluang."

Prakiraan susunan pemain:

* Bayern Muenchen (4-1-3-2):
Neuer (penjaga gawang), Bernat, Badstuber, Boateng, Rafinha, Alonso, Thiago, Goetze, Rode, Mueller, Lewandowski
Pemain cadangan:
Reina, Dante, Lahm, Gaudino, Weiser, Pizarro, Schweinsteiger
Absen:Starje, Benatia, Alaba, Javi Martinez, Ribery, Robben (cedera)

* FC Porto (4-3-3):
Fabiano (penjaga gawang), Ricardo, Maicon, Marcano, Indi, Herrera, Casemiro, Torres, Quaresma, Marrtinez, Brahimi
Pemain cadangan:
Fernandez, Reyes, Evandro, Nenes, Quibtero, Hernani, Paciencia
Absen: Danillo, Alex sandro (suspensi), Tello (cedera)

Data dan fakta:
* Bayern Muenchen menghadapi kesulitan lantaran beberapa pemain kunci mengalami cedera dalam laga leg kedua ini.
* Bayern perlu menang dengan selisih dua gol. Mereka menyandang predikat sebagai tim yang mampu mengembangkan skema serangan dengan mumpuni.
* Philipp Lahm dan Juan Bernat diragukan dapat tampil. Kalaupun mereka fit maka susunan pemain dapat berubah.
* Ada kemungkinan bahwa Franck Ribery dapat diturunkan. Perannya sungguh krusial bagi penampilan tim.
* Porto tidak akan diperkuat oleh dua full-bek ketika menghadapi Bayern.  
* Danilo dan Alex Sandro masih menjalani suspensi setelah menerima kartu kuning di laga leg pertama. Posisi keduanya diisi oleh Ricardo Pereira dan Marcano.
* Jackson Martinez diragukan tampil karena masih belum pulih dari cedera paha.

Lima laga terakhir:
(W:menang; L: kalah: D:imbang)

* Bayern Muenchen: W L W W W

18/4/15 Hoffenheim 0 - 2 Bayern Muenchen
15/4/15 Porto 3 - 1 Bayern Muenchen
11/4/15 Bayern Muenchen 3 - 0 Eintracht Frankfurt
8/4/15 Bayer 04 Leverkusen 0 - 0 Bayern Muenchen
4/4/15 Borussia 09 Dortmund 0 - 1Bayern Muenchen

* Porto: W W W W L
18/4/15 Porto 1 - 0 Coimbra
15/4/15 Porto 3 - 1 Bayern Muenchen
11/4/15 Rio Ave 1 - 3 Porto
6/4/15 Porto 5 - 0 Wstoril Praia
2/4/15 Marítimo Funchal 2 - 1 Porto

Head To Head:
* 15/4/15 Porto 3 - 1 Bayern Muenchen

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Bayern Muenchen 2 - 1 Porto (15 persen)
* Bayern Muenchen 2 - 0 Porto (14 persen)
* Bayern Muenchen 3 - 0 Porto (12 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Bayern Muenchen: 3
* FC Porto: 0

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015