Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengambil alih renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, yang akan menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Asian Games 2018.

Kepala Dinas Olahraga (Disorda) DKI Jakarta Zainal Soleman di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa sebenarnya renovasi stadion terbesar di Indonesia itu domain Sekretariat Negara, hanya saja pihaknya siap jika diberi wewenang.

"Dana yang kami miliki mencukupi untuk renovasi GBK. Yang mendesak diubah adalah bangku. Kira-kira dana yang dibutuhkan Rp100 miliar," katanya disela Workshop Asian Games 2018 di Hotel Century, Senayan, Jakarta.

Stadion GBK meski telah beberapa kali direnovasi namun belum semua kursi yang ada di dalam stadion diganti. Bahkan, mayoritas bangku yang ada masih terbuat dari kayu. Hanya tempat duduk VIP yang sudah diganti dengan kursi tunggal.

Selain berencana mengambil alhi renovasi Stadion GBK, pemerintah DKI Jakarta juga akan mengambil alih renovasi Istora Senayan yang berada tidak jauh dari Stadion GBK serta revasi kolam renang.

"Untuk Istora harus dilakukan rehap berat. Sedangkan untuk kolam renang harus menambah jumlah lintasan dari delapan menjadi 10. Jadi bangun baru. Anggarannya kurang dari Rp100 miliar," katanya menambahkan.

Selain akan menggunakan komplek GBK, DKI Jakarta juga menyiapkan beberapa lokasi yang akan digunakan untuk Asian Games 2018 diantaranya adalah kawasan Jiexpo Kemayoran, Rawamangun hingga Jakarta Utara.

Bahkan, pihak Dewan Olimpiade Asia atau OCA juga sudah melihat secara langsung lokasi yang akan digunakan untuk kejuaraan empat tahunan itu. Pemerintah DKI juga terus menggalang dukungan termasuk dari Presiden Joko Widodo.

Terkait dengan pembangunan velodrome, Zainal Soleman menegaskan, jika lokasi balap sepeda itu akan dibangun di Rawamangun. Pembangunan sendiri akan segera dilaksanakan sesuai dengan standar internasional.

"Pengganti Stadion Lebakbulus juga akan kami siapkan yaitu Stadion BMW. Semoga dengan waktu yang ada semuanya siap," kata mantan Kepala Sudin Dikmen Jakarta Pusat itu.

Selain DKI Jakarta, Asian Games 2018 akan digelar di Komplek Jakabaring Sport City Palembang, Sumatra Selatan. Persiapan juga sudah dilaksanakan bahkan saat ini dinilai lebih siap dibandingkan dengan Jakarta.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015