Tidak ada yang tak diundang. Semuanya kami harap datang di Surabaya pada saat kongres mendatang."
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo mengakui Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) puas dengan persiapan kongres III partainya yang dijadwalkan berlangsung 11-13 Mei di Surabaya.

"Kebetulan Pak SBY akhir pekan kemarin ke Surabaya dan menanyakan persiapan, seperti tempat pelaksanaan, penginapan, hotel dan semua teknis," ujarnya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa.

Menurut politisi yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut, sampai saat ini persiapan sudah mencapai 100 persen, hanya tinggal kedatangan peserta kongres.

Empat hotel sebagai lokasi menginap untuk peserta juga telah siap, yakni Hotel Shangri-La, Hotel Ciputra, Hotel Java Paragon dan Hotel Somerset.

"Lokasi pelaksanaan ditetapkan di Hotel Shangri-La, sekaligus menyewa 200 kamar di sana untuk peserta. Ke empat hotel tersebut lokasinya juga berdekatan sehingga memudahkan koordinasi dan transportasi peserta," tuturnya.

Politisi yang juga menjabat Gubernur Jatim tersebut mengatakan, pihaknya pada 3 Mei mendatang menggelar pelatihan khusus untuk "Liaison Officer" (LO) atau tim yang bertugas sebagai penghubung untuk memudahkan mekanisme adminitrasi maupun pengaturan transportasi hingga akomodasi peserta kongres.

Sementara itu, pada pelaksanaan Kongres III mendatang, sejumlah agenda menjadi pembahasan, yakni Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) ketua umum, Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, tata tertib serta pemilihan ketua umum periode 2015-2020.

"Pembahasannya sesuai standar kongres pada umumnya. Terakhir nanti ditutup oleh pidato ketua umum terpilih dan isi pidatonya merupakan pernyataan politik, termasuk menyangkut soal lokal, nasional bahkan internasional," tukasnya.

Sebelumnya, Pakde Karwo yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat tersebut menyatakan pihaknya turut mengundang semua pimpinan partai politik yang bergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) maupun Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"Tidak ada yang tak diundang. Semuanya kami harap datang di Surabaya pada saat kongres mendatang," katanya.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga dipastikan mendapat undangan sebagai tamu kehormatan, bahkan rencananya juga diberi kesempatan menyampaikan sambutan di hadapan ribuan kader Demokrat.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015