Jakarta (ANTARA News) - Kalah 1-3 pada leg pertama di kandang Porto pekan lalu, Bayern Munchen bangkit menggebrak di kandangnya pada leg kedua perempat final Liga Champions di Allianz Arena dengan langsung menghujani gawang Porto 5-0 hanya selama babak pertama leg kedua mereka.

Sama-sama menurunkan formasi 4-3-3, trisula Robert Lewandowski, Mario Goetze dan Thomas Mueller terlalu ampuh bagi Porto yang benar-benar dirusak Bayern sepanjang babak pertama ini.

Thiaga Alcantara membuka pesta gol Bayern pada babak pertama ini ketika pertandingan memasuki menit ke-14.  Juan Bernat dengan mudah melewati hadangan Ricardo Quaresma untuk kemudian melepaskan umpan silang kepada Alcantara yang sudah tak terkawal lagi guna melepaskan tendangan yang bersarang di dalam gawang Porto.

Tujuh menit kemudian pada menit 21 bek Jerome Boateng menggandakan keunggulan Bayern setelah didahului sepak pojok yang ditendang bek Holger Badstuber yang disambut sundulan Boateng yang tak bisa dijangkau kiper Porto.

Enam menit berselang, Robert Lewandowski datang menangkhiri kerjasama Philipp Lahm di sisi kanan permainan lawan bersama Thomas Mueller yang berakhir dengan sundulan keras Lewandowski yang tepat masuk gawang Porto.

Pada menit 36, giliran Mueller yang menciptakan gol lewat tembakan dari jarak 25 meter yang sempat membentur Bruno Martins Indi dan membuat kiper Fabiano salah langkah sehingga gol keempat Bayern pun tak terhindarkan.

Empat menit kemudian pada menit 40, Lewandowski menciptakan gol keduanya atau gol kelima Bayern yang bermula dari umpan Mueller yang diteruskannya kepada pemain timnas Polandia itu lewat dua sentuhan saja sebelum menceploskan bola ke gawang Fabiano.

Unggul 5-0 pada babak pertama ini membuat pendulum seketika berbalik ke Bayern yang untuk sementara berada jauh di atas angin dibandingkan Porto dengan agregat 6-3.

Berikut susunan pemain seperti dikutip AFP:

Bayern Munchen (4-3-3): Manuel Neuer; Rafinha, Jerome Boateng, Holger Badstuber, Juan Bernat; Philipp Lahm (kapten), Xabi Alonso, Thiago Alcantara; Thomas Mueller, Robert Lewandowski, Mario Goetze
pelatih: Pep Guardiola (Spanyol)

Porto (4-3-3): Fabiano; Diego Reyes, Maicon, Marcano, Martins Indi; Hector Herrera, Casemiro, Oliver Torres; Ricardo Quaresma, Jackson Martinez (kapten), Yacine Brahimi
pelatih: Julen Lopetegui (Spanyol)

Wasit: Martin Atkinson (Inggris)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015