Segera dibicarakan dengan detail kerja sama untuk mewujudkan poros Maritim Dunia - Jalan Sutera Laut."
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Tiongkok sepakat meningkatkan komunikasi strategis terkait isu-isu global sebagai upaya bersama untuk meresepons perkembangan masalah yang ada.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto melalui pesan singkat per telepon selular kepada wartawan di Jakarta, Rabu, mengemukakan bahwa pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela Peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika (KAA) juga membahas sejumlah hal terkait peningkatan kerja sama kedua negara.

"Implementasi hasil kesepakatan Beijing yang dapat segera dilakukan dan juga komunikasi strategis antara RI-Tiongkok tentang isu-isu global ditingkatkan," catat Andi, yang mendampingi Presiden Jokowi bertemu Presiden Xi Jinping.

Andi mengemukakan, dalam pertemuan yang berlangsung Rabu petang itu juga dibicarakan peran Indonesia dan Tiongkok mewujudkan tata dunia baru yang seimbang dan adil.

Presiden Jokowi sempat mengusung gagasan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dan Presiden Xi Jinping membawa pesan Jalan Sutera melalui potensi lautnya.

Andi menambahkan,"Segera dibicarakan dengan detail kerja sama untuk mewujudkan poros Maritim Dunia - Jalan Sutera Laut."

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015