Jakarta (ANTARA News) - Samsung meluncurkan Samsung SUHD TV yang menawarkan kualitas gambar dengan warna 1,2 kali lebih luas melalui teknologi Nano Crystal di Jakarta, Rabu.

"Samsung melihat TV bukan hanya perangkat untuk menonton, tetapi juga untuk menikmati tayangan. Untuk itu kami selalu berinovasi baru untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen," kata Jo Semidang, Corporate Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia.

Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan LCD TV dengan table stand menyerupai gelas wine pada tahun 2006, LED TV pada 2009, 3D LED TV pada 2010, Smart TV pada 2011, UHD TV pada 2013 dan Curve UHD TV pada 2014.

"Inovasi dalam SUHD TV ini memantapkan kepemimpinan Samsung selama 9 tahun berturut-turut sebagai Global TV Nomor 1 berdasarkan Display Search," ujar Yooyoung Kim, President PT Samsung Electronics Indonesia.

Dengan teknologi Nano Crystal, SUHD TV mampu menampilkan warna yang mirip dengan aslinya. Teknologi tersebut memiliki color space 20 persen lebih tinggi atau 1,2 kali lebih luas dibandingkan dengan teknologi yang ada sebelumnya.

Selain itu, dengan bantuan 10 bit panel, yang akan menjadi standar UHD ke depannya, SUHD TV dapat menghasilkan warna 64 kali lebih banyak dibandingkan UHD konvensional biasa.

"Dengan danya teknologi yang dibenamkan di SUHD, besar kemungkinan nanti kita bisa melihat warna-warna yang belum pernah kita lihat sebelumnya, bukan karena mata kita tidak bisa melihat, tetapi karena display-nya sendiri yang masih punya limitasi untuk menampilkan gambar tersebut," kata Ubay Bayanudin, Product Marketing TV Senior Manager PT Samsung Electronics Indonesia.

Dari sisi brightness, SUHD TV diklaim dapat menghasilkan brightness 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan UHD TV konvensional biasa. Hal itu dikarenakan adanya teknologi Re-mastering engine. Teknologi tersebut dapat memaksimalkan bagian gelap dan yang terang.

SUHD TV juga menampilkan teknologi UHD secara lebih detail. Dengan adanya Detail Enhancement, gambar yang dihasilkan bukan hanya kualitas UHD, tetapi juga menjadi lebih halus, tidak blur, sehingga konsumen dapat membaca teks dengan lebih jelas.

"SUHD TV ini adalah TV jenis baru yang menggabungkan keunggulan semua teknologi yang ada saat ini, mulai dari teknologi UHD, Smart TV, UHD dan OLED," kata Ubay.

Samsung SUHD TV juga dilengkapi dengan platform Tizen yang menjadikan akses perangkat gadget ke TV lebih mudah, disertai dengan prosesor Octa Core yang membuat pengoperasian lebih cepat dan lancar.

Samsung SUHD TV saat ini hadir di Indonesia dalam dua seri, JS9000 yang tersedia dalam ukuran layar 55 inci (Rp 59.000.000) dan 65 inci (82.000.000), serta JS9500 yang tersedia dalam ukuran layar 78 inci (140.000.000) dan 88 inci.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015