Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana merombak kembali seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Waktunya belum kita tentukan. Namun, perombakan jabatan itu baru akan kita lakukan setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015 cair," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia, perombakan tersebut akan dilakukan terhadap seluruh SKPD maupun Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), mulai dari lurah, camat, sekretaris kota hingga kepala dinas.

"Untuk saat ini, kami masih menyusun konsep perombakan jabatan para SKPD tersebut. Rencananya, tes akan kami adakan untuk pejabat eselon satu yang ingin naik ke eselon dua. Tapi kalau hanya pindah bagian, tidak perlu tes lagi. Begitu rencananya," ujar Basuki.

Dia menuturkan perombakan jabatan tersebut dilakukan karena kinerja sejumlah SKPD dinilai masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan agar pembangunan ibukota berjalan dengan lebih baik.

"Kinerja para SKPD yang baru dirombak pada 2 Januari 2015 lalu itu memang lebih baik dibanding sebelumnya. Tapi, sampai sekarang masih ada beberapa SKPD yang saya masih belum merasa puas dengan kinerjanya," tutur Basuki.

Lebih lanjut, mantan Anggota Komisi II DPR RI itu mengungkapkan salah satu SKPD yang kinerjanya masih perlu ditingkatkan, yaitu Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta.

"Setelah diperhatikan lagi, SKPD yang kalau diberikan instruksi tidak langsung dilaksanakan, dan akhirnya malah mengulur waktu. Artinya, kinerja SKPD tersebut masih perlu diberi sorotan," ungkap Basuki.

Meskipun demikian, dia menilai terdapat beberapa SKPD yang kinerjanya cukup memuaskan, diantaranya Dinas Kebersihan DKI, Dinas Bina Marga DKI dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015