Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menjadi peserta kehormatan (Country of Honour) pada pameran makanan olahan SIAL Canada di Toronto pada 28-30 April 2015 dengan sejumlah keistimewaan.

Menteri Perdagangan RI Rahmat Gobel dalam pernyataan resminya dalam situs www.sialcanada.com yang dikutip Antara di Jakarta, Rabu, mengatakan merupakan suatu keistimewaan bagi Indonesia ketika diundang sebagai peserta dengan status Negara Kehormatan.

Indonesia sudah menjadi peserta pameran makanan olahan bertajuk Salon International de Lalimentation (SIAL) Canada sejak 2012 dengan peningkatan peserta pameran dari perusahaan makanan olahan dan juga luas persegi paviliun yang digunakan di pameran.

Pameran yang tahun ini diselenggarakan di Toronto itu, Indonesia akan menempati luas 315 meter persegi (3.400 kaki persegi). Pada 2014 luas paviliun Indonesia 1.200 kaki persegi, 2013 seluas 400 kaki persegi dan 2012 hanya 100 kaki persegi.

Penyelenggaraan SIAL Kanada bergantian antara Toronto dan Montreal, tahun lalu diselenggarakan di Montreal.

Jumlah perusahaan makanan olahan dari Indonesia juga terus meningkat, dan tahun ini terdapat 28 perusahaan dengan ragam makanan olahan seperti buah, ekstrak herbal, minuman jahe, saus cabe, nata de coco, mie instan dan gula kelapa.

SIAL Canada adalah pameran makanan minuman terbesar di Amerika Utara dengan pengunjung 14.686 dari kalangan profesional dan pebisnis pada 2014 yang diikuti oleh 298 perusahaan dari seluruh dunia.

Sebagai peserta kehormatan, Indonesia mendapat paviliun di tempat strategis dan diekspose di media-media promosi. Ekspose dilakukan sebelum acara berlangsung, selama acara dan setelah kegiatan berakhir di pers rilis, sosial media, logo pada website dan tanda pengenal (ID Card).

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015