Mamuju (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Sulawesi Barat memprogramkan pemilihan sopir teladan 2015 untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Kepala Bidang Darat Dishubkominfo Provinsi Sulbar, Ahmad di Mamuju, Kamis, mengatakan, (Dishubkominfo) Provinsi Sulawesi Barat memprogramkan pemilihan sopir teladan 2015 dalam rangka meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas.

Ia mengatakan, program tersebut untuk mengubah pandangan sopir pada diri dan profesinya sebagai awak kendaraan angkutan umum yang mendorong dirinya untuk lebih percaya diri dan merasa dihargai.

"Dengan demikian setiap sopir dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keselamatan diri,  penumpang dan pemakai jalan lainnya," katanya.

Selain itu juga bertujuan mengubah sikap dan perilaku pengemudi menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, profesional dan berkualitas.

Ini semua untuk mewujudkan pelayanan angkutan umum yang lebih baik, menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan kejadian kecelakaan lalu lintas fatal yang diakibatkan faktor pengemudi.

"Kegiatan ini terbuka bagi sopir perusahaan oto bus dan angkutan umum lainnya. Sopir teladan terpilih akan diikutkan pada pemilihan sopir teladan tingkat nasional," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015