... para atlet yang masuk peringkat 10 besar dunia diawajibkan ikut Kejuaraan Asia atau mereka akan terkena denda...
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia mengumumkan 20 atlet pelatnas yang masuk dalam tim inti kejuaraan Piala Sudirman 2015 di Dongguan, China, 10-17 Mei.

"Saat ini kami sudah membentuk tim kerja untuk atlet yang akan mengikuti Piala Sudirman. Sebagian atlet masih mengikuti Kejuaraan Asia di Tiongkok. Mereka akan berlatih secara intensif setelah pulang dari Tiongkok pada 27 April," kata Wakil Sekretaris Jenderal PB PBSI, Achmad Budiharto, dalam jumpa pers, di Jakarta, Kamis.

Budiharto mengatakan atlet-atlet pelatnas akan melakukan simulasi Piala Sudirman di Stadion Bulu Tangkis Asia Afrika, Senayan, Jakarta pada Sabtu (2/5) pukul 16.00 WIB.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI sekaligus Manajer Tim Indonesia dalam Piala Sudirman 2015, Rexy Mainaky, mengatakan, atlet-atlet yang akan bertanding dalam Piala Sudirman 2015 telah mengubah waktu latihan sesuai dengan jam pertandingan di Dongguang, China, yaitu pukul 13.00 WIB dan 19.00 WIB.

"Kalau kami boleh memilih, atlet-atlet tidak harus ikut pertandingan Kejuaraan Asia untuk bersiap mengikuti Piala Sudirman. Tapi, para atlet yang masuk peringkat 10 besar dunia diawajibkan ikut Kejuaraan Asia atau mereka akan terkena denda," kata Mainaky.

Atlet-atlet pelatnas yang akan turun dalam Piala Sudirman 2015 yaitu Jonatan Christie, Firman Abdul Kholik, dan Ihsan Maulana Mustofa akan turun pada partai tunggal putra.

Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty, dan Hanna Ramadhini akan bertanding pada partai tunggal putri.

Tiga pasangan ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan memperkuat tim Merah Putih untuk partai ganda putra.

Pada partai ganda putri, Indonesia akan diwakili Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Della Destiara Haris/Anggia Shitta Awanda.

Terakhir, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto akan turun pada Piala Sudirman 2015 untuk partai ganda campuran.

Sebelumnya, PBSI berencana menurunkan Roysita Eka Putri Sari untuk berpasangan dengan Della. Tapi, Rexy mengatakan Rosyita masih penyembuhan cedera pangkal paha.

"Ide penggantian Rosyita dengan Anggia datang dari pelatih ganda putri. Kami percaya kepada para pelatih untuk menentukan siapa-siapa atlet yang dapat turun untuk Piala Sudirman," kata Mainaky.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015