Jakarta (ANTARA News) - Advan akan meluncurkan smartphone dan tablet yang dapat berjalan di jaringan 4G LTE pada tahun ini.

"Saat ini kami sedang dalam tahap pengembangan dengan salah satu provider telekomunikasi untuk mengembangkan LTE ini," kata Direktur Pemasaran Advan, Tjandra Lianto, di sela peluncuran produk, di Jakarta, Kamis.

Ia menilai, jaringan 4G LTE saat ini belum maksimal. Harga paket datanya juga masih tinggi. Pihaknya terus mempelajari kesesuaian harga yang paling ideal untuk daya beli masyarakat Indonesia.

"Apalagi sekarang baru tersedia di empat kota. Jika sudah tersedia di semua kota maka produk tersebut akan booming," ujarnya.

Dia mengatakan, Advan akan meluncurkan dua perangkat 4G LTE tesebut sekitar Juni atau Juli 2015.

"Harganya di kisaran Rp1 juta hingga Rp2 juta, karena pasar smartphone Indonesia paling banyak di rentang harga ini," ungkapnya. Di kelas ini terdapat beberapa "pemain", di antaranya Android One dari Google dan Evercoss. 

Beberapa smartphone 4G LTE yang telah diluncurkan dengan harga relatif terjangkau antara lain Sony Xperia M2 Aqua, Samsung Galaxy Grand Fill, Motorola Moto G 4G, serta Bolt Powerphone ZTE V9820.

Jaringan tersebut juga telah tersedia di beberapa kota di Tanah Air terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Makassar.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015