Jakarta (ANTARA News) - Residen dokter spesialis olahraga, dr. Sophia Hage, menganjurkan agar anak-anak menyempatkan berolahraga di luar ruangan terutama sebelum jam 10 pagi.

"Penting bagi anak untuk melakukan olahraga di luar ruangan sebelum jam 10 pagi, lebih dari itu (jam 10 pagi) sinar ultraviolet tidak sehat untuk kulit, " ujar Sophia dalam acara kesehatan di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut menurut dia, tubuh menghasilkan vitamin D yang membantu pertumbuhan tulang terutama bila terkena matahari pagi. Inilah alasan anak dapat tumbuh tinggi dan memiliki tulang yang kuat.

Sophia mengatakan, selain terkena matahari pagi, olahraga yang baik dan benar dilakukan setidaknya satu hingga dua jam setiap harinya.

Olahraga ini mencakup aerobik seperti jalan kaki, jogging, berenang dan senam, serta kekuatan seperti sit up, push up dan senam.

"Sit up pada anak sebenarnya bukan bertumpu pada lutut tetapi intinya weight bearing. Tidak bertumpu pada lutut tapi juga pergelangan kaki, pinggang, punggung," kata Sophia.

"Karena ketika ada tarikan antar otot, tulang ikut tertarik. Nah tarikan pada tulang, tempelan tendon (titik di mana otot menempel pada tulang) merangsang pertumbuhan sel tulang yang baru, jadi bisa memadatkan tulang," tambah dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015