Muntok (ANTARA News) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan jumlah peserta ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs di daerah itu sebanyak 2.627 orang siswa yang berasal dari 40 sekolah penyelenggara.

"Secara keseluruhan mereka sudah siap menghadapi UN yang akan digelar pada Senin (4/5) hingga Kamis (7/5) karena seluruh sekolah telah melakukan pengayaan materi dan latihan soal sejak beberapa bulan terakhir," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga (Disdikpora) Kabupaten Bangka Barat, Amrullah Sidik di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak 2.627 siswa tersebut terdiri dari 1.258 pelajar laki-laki dan 1.369 perempuan yang berasal dari 40 sekolah negeri dan swasta penyelenggara yang tersebar di seluruh enam kecamatan di daerah itu.

Menurut dia, jumlah peserta UN tingkat SMP/MTS tersebut sudah ditetapkan dan memenuhi syarat untuk mengikuti UN yang akan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

"Persiapan berupa penguasaan materi ujian, uji coba atau latihan soal dan bimbingan rohani sudah diberikan melalui sekolah masing-masing, MGMP dan Dinas Dikpora bekerja sama dengan PT Timah yang menggelar uji coba UN beberapa hari lalu," kata dia.

Melalui berbagai persiapan yang sudah dilalui cukup panjang, ia mengharapkan pada tahun ajaran 2014/2015 tingkat kelulusan mencapai 100 persen dengan kualitas yang semakin baik.

Ia mengharapkan seluruh peserta percaya diri dan tidak perlu stres karena UN kali ini hanya merupakan salah satu unsur kelulusan, bukan satu-satunya unsur penentu kelulusan, sehingga bisa menjalani UN dengan baik.

"Jika ada peserta yang terpaksa tidak bisa mengikuti UN sesuai jadwal, mereka bisa mengikuti UN susulan yang akan dilaksanakan pada Senin (11/5) hingga Jumat (15/5)," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015