Brussels (ANTARA News) - Para pemimpin Eropa, dalam pertemuan puncak luar biasa mengenai tekanan migrasi pada Kamis (23/4), sepakat untuk memperkuat Operasi Gabungan di Laut Tengah dengan meningkatkan sumber keuangan.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan dalam satu taklimat, "Kami telah sepakat untuk meningkatkan tiga kali lipat sumber daya yang tersedia untuk misi perbatasan Triton guna meningkatkan kemampuan operasinya."

Operasi Triton adalah misi pencarian dan pertolongan migran yang dikelola oleh lembaga urusan dalam negeri dan keadilan Uni Eropa (UE), Frontex.

Para pemimpin Eropa juga memutuskan untuk meningkatkan kerja sama guna menghadapi jaringan penyelundup, melaluI Frontex dan dengan mengerahkan petugas imigrasi ke negara ketiga, demikian laporan Xinhua.

Sebagai reaksi atas kematian ribuan orang di Laut Tengah, semua negara anggota dan lembaga Uni Eropa telah diminta melakukan tindakan kemanusiaan yang penting serta membuat keputusan politik.

Hanya 28 dari 700 migran selamat sejauh ini, setelah perahu mereka terbalik sekitar 209 kilometer di sebelah selatan Lampedusa, Italia, pada Sabtu malam lalu (18/4).

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015