Abuja (ANTARA News) - Pasukan pemerintah telah memulai operasi untuk mengusir anggota Boko Haram dari Hutan Sambisa, kamp yang terkenal sebagai persembunyian utama gerilyawan itu di Negara Bagian Borno di bagian timur-laut Nigeria.

Menurut Juru Bicara Pertahanan Chris Olukolade, Kamis (23/4), pasukan pemerintah telah merebut Kamp Sambisa dari petempur Boko Haram dan mengusir mereka dari persembunyian mereka. Operasi yang berlangsung itu dimulai pada Rabu (22/4).

Angkatan darat, dengan dukungan serangan udara, telah meningkatkan serangan mereka terhadap persembunyian Boko Haram, kata Olukolade kepada wartawan di Ibu Kota Nigeria, Abuja, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Ia menambahkan operasi agresif, pembersihan, serta pengepungan dan pencarian, juga dilanjutkan di tempat lain untuk mencari gerilyawan dan senjata mereka.

Ia mengatakan peledak rakitan yang dipasang oleh gerilyawan untuk mencegah serangan menyeluruh oleh tentara yang bergerak maju, juga secara hati-hati dibersihkan saat tentara melanjutkan perburuan gerilyawan yang melarikan diri.

Markas Pertahanan Nigeria pada Rabu mengumumkan tentaranya telah menewaskan komandan gerilyawan Abu Mojahid di Negara Bagian Borno di Nigeria Utara, tempat markas kelompok fanatik tersebut berada.

Markas militer itu menyatakan operasi tersebut, terutama di lokasi hutan, terus bergerak maju sekalipun ada ghalangan dan ranjau darat yang dipasang oleh gerilyawan.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015