Jakarta (ANTARA News) - Samsung mengisyaratkan smartwatch generasi berikutnya akan berbentuk bulat melalui undangan Software Development Kit (SDK) yang dirilis di situs resminya.

Meskipun Samsung tidak secara resmi mengungkakan arloji pintar milik perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut akan berlayar melingkar, dalam undangannya nampak beberapa fitur dengan desain melingkar.

Undangan itu sendiri ditujukan kepada para pengembang di seluruh dunia untuk membantu perusahaan ini menyelesaikan aplikasi untuk perangkat wearable terbarunya yang akan menjadi generasi ke-7 Samsung Gear dengan tipe jam tangan.

Ini adalah pertama kalinya Samsung merilis SDK untuk wearable device-nya kepada pengembang pihak ketiga sebelum produk resmi diumumkan.

"Samsung secara aktif telah menyesuaikan pendekatan untuk pengembangan wearable device," kata JK Shin, CEO dan Head of IT & Mobile Communications Division Samsung Electronics dalam keterangan resminya.

"Melalui inovasi yang berarti dan progresif, Samsung menyambut pengembang dan para pemimpin industri untuk bergabung dalam kolaborasi terbuka ini untuk memperkaya dan menciptakan pengalaman unik untuk kehidupan mobile baru yang cerdas," tambah dia.

Undangan tersebut juga memperlihatkan bahwa Samsung sudah bekerja sama dengan pengembang seperti CNN, Yelp, Baidu, FidMe, dan Apposter.

Untuk mengikuti program ini, pengembang dapat mengajukan permohonan di situs Samsung Developer http://developer.samsung.com/wearable.



Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015