London (ANTARA News) - Setelah memecat presenter program "Top Gear" Jeremy Clarkson, stasiun penyiaran Inggris itu juga mengonfirmasikan bahwa produser acara bermotor populer itu juga ke luar dari BBC.

Dalam lamannya, BBC mengatakan produser Andy Wilman telah keluar dari acara BBC itu menyusul hengkangnya Jeremy Clarkson.

BBC menambahkan bahwa Wilman "adalah teman sekolah Clarkson, yang menciptakan acara itu dan mengawasi pertumbuhannya sampai menjadi program yang sukses yang mendunia".

Wilman sebelumnya membantah telah cabut dari BBC menyusul email bocor yang menyebutkan dia dipecat, kata BBC.

Clarkson diberhentikan sementara oleh BBC Maret lalu setelah berkelahi selagi syuting acara yang terkenal ke seantero jagat dan menjadi salah satu program acara BBC yang paling berhasil.

Dua pekan kemudian, BBC menyatakan telah memberhentikan Clarkson, dengan alasan si pembawa acara bertanggung jawab atas serangan fisik dan verbal yang membuat seorang koleganya berdarah sampai harus dirawat di rumah sakit.

Penyelidikan yang diadakan BBC menyimpulkan bahwa Clarkson menghajar Oisin Tymon selama 30 detik setelah keduanya terlibat adu mulut. Tymon kemudian dirawat.

Clarkson sebenarnya telah mendapatkan peringatan tahun lalu karena menggunakan kata-kata rasis selagi pengambilan gambar acara itu.

Oktober lalu acara ini memicu insiden diplomatik antara Inggris dan Argentina yang keduanya pernah terlibat perang pada  1982 menyangkut Kepulauan Falkland.

Seorang awak televisi  Top Gear dipaksa melarikan diri ke Argentina setelah mengendarai Porsche 928 GT dengan nomor registrasi H982 FKL yang dianggap oleh sebagian orang merujuk kepada konflik Falkland, demikian Reuters.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015