Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang menjadi penceramah dalam salat Jumat di Masjid Raya Bandung mengajak semua pihak terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak untuk terus mendukung dan mendoakan perjuangan rakyat Palestina," katanya kepada jamaah mesjid ini, termasuk sejumlah kepala negara atau pemerintahan dan pimpinan delegasi peserta KTT Asia Afrika di Bandung, Jumat.

Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher juga meminta agar ada dukungan nyata dari semua pihak untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Dalam ceramah tiga bahasa -- Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab--, Gubernur Jawa Barat mengajak jamaah berdoa bagi kesejahteraan bangsa Asia Afrika.

Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan sejumlah anggota delegasi peserta KTT Asia Afrika menunaikan Salat Jumat di Masjid Raya Bandung di alun-alun kota ini.

Presiden Joko Widodo dan PM Malaysia berjalan kaki dari Gedung Merdeka ke masjid yang berjarak 800 meter dari tempat mereka mulai berjalan kaki.

Dengan masih mengenakan kemeja jas lengkap, keduanya masuk masjid yang dijaga cukup ketat ini sehingga semua orang yang hendak salat mesti melewati pintu detektor logam. 

Jamaah juga diminta untuk menitipkan tas di penitipan tas di teras masjid.

Meski harus memeriksa ribuan orang, Paspamres dan pengamanan Kodam III Siliwangi tetap bekerja proporsional dan ramah, sebaliknya masyarakat  memaklumi prosedur pengamanan ini.

Usai salat Jumat, Presiden dan para pimpinan negara Asia Afrika meresmikan tugu peringatan 60 tahun KAA di dekat Alun-Alun Bandung.



Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015