Lewat festival ini, kami ingin sungai-sungai ini bisa meningkat kualitasnya...
Banyuwangi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kembali menggelar Festival Kali Bersih pada Minggu (26/4).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jumat, mengatakan Festival Kali Bersih itu melengkapi gerakan kebersihan lingkungan yang sudah dicanangkan Januari lalu, Festival Toilet Bersih.

"Festival ini bakal dimulai dari Sungai Lo, Banyuwangi, dan akan diikuti seluruh masyarakat di 24 kecamatan yang akan membersihkan sungai-sungai yang ada di lingkungannya," katanya.

Pelajar dan masyarakat akan membersihkan sungai dan menebar 10.000 bibit ikan nila di Kali Lo saat Festival Kali Bersih.

Anas mengatakan pemerintah daerah menggelar Festival Kali Bersih untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai.

"Kami mengemasnya dengan nama festival karena ingin mengerjakan kegiatan ini bersama-sama dengan rasa senang sehingga tumbuh semangat untuk terus membersihkan sungai dari segala sampah maupun limbah dari rumah tangga ataupun industri," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan Banyuwangi punya 116 sungai dengan kualitas air beragam.

Selama festival, kata Guntur, pemerintah daerah membuat lomba sungai bersih dengan beberapa kategori, termasuk tingkat kebersihan sungai dari limbah domestik dan industri serta pemanfaatan sempadan sungai untuk penanaman pohon.

"Besarnya partisipasi masyarakat juga akan dilombakan di sini, sejauh mana mereka peduli akan kebersihan sungai. Lewat festival ini, kami ingin sungai-sungai ini bisa meningkat kualitasnya," kata Guntur.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015