Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka memperingati Hari Bumi pada 22 April 2015, PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) melanjutkan komitmennya untuk terus berkontribusi secara positif kepada lingkungan dan keanekaragaman hayati Indonesia.

Bekerja sama dengan Yayasan TERANGI dan Taman Nasional Kepulauan Seribu, SEID kembali menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertema Aksi Nyata untuk Bumi di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Jakarta bersama 50 pelajar dari berbagai sekolah dasar di daerah tersebut.

"Salah satu komitmen penting kami dalam mewujudkan hal ini adalah dengan berupaya sekuat mungkin menjaga kelestarian lingkungan di mana lokasi kami beroperasi," kata General Manager Brand Strategy Group SEID Haruhiko Sano melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Selain itu, lanjutnya, perusahaan juga memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga keanekaragaman hayati Indonesia, baik yang ada di darat maupun lautan SEID mengajak anak-anak melakukan transplantasi 100 terumbu karang, 1000 tanaman mangrove, aksi bersih pantai, juga edukasi mengenai pelestarian ekosistem laut melalui beragam permainan yang menyenangkan.

Selain terus menggalakkan aksi penghijauan di sejumlah lahan di berbagai daerah Indonesia, SHARP juga konsisten melakukan aksi pelestarian ekosistem perairan.

Pada kegiatan ini, SEID melakukan transplantasi 100 terumbu karang dari marga Acropora sp, Seriatopora sp, Caulastrea sp, Stylopora sp, Montipora sp, dan Pocilopora sp dengan memanfaatkan medium tanam berupa pipa berbentuk piramida unik.

Pipa tersebut merupakan model buatan para pelajar SMA dari Kepulauan Seribu pemenang kompetisi rehabilitasi terumbu karang gelaran TERANGI.

Selain itu, SEID juga menanam 1000 tanaman mangrove jenis Rhizopora sp dan melakukan aksi bersih pantai sebagai salah satu kontribusi dalam menjaga kebersihan pantai, sekaligus meningkatkan kepedulian peserta terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.

Kegiatan aksi bersih pantai ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 30 kilogram, terdiri dari sampah basah dan kering yang nantinya akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Pulau Harapan untuk diproses.

Guna meningkatkan kepedulian para peserta pelajar serta menambah keterlibatan mereka dalam perbaikan ekosistem pesisir, SEID menggelar edutainment alias permainan edukasi berupa permainan ular tangga dan pancing.

Permainan tersebut bertujuan untuk menyampaikan informasi seputar mangrove dan biota pesisir kepada anak-anak, menguji pengetahuan anak-anak tentang lautan dan pesisir, sekaligus memberikan informasi kepada mereka mengenai berbagai jenis biota laut yang dilindungi.

PR, CSR and Promotion SEID Pandu Setio mengatakan, melalui momen ini pula, SHARP bermaksud untuk mengingatkan para peserta anak-anak dan masyarakat lokal akan potensi luar biasa dari pariwisata bahari Indonesia, khususnya Kepulauan Seribu.

"Pada akhirnya, kami yakin ekosistem laut yang terpelihara ini akan mampu memberikan manfaat positif kepada masyarakat. Untuk mewujudkan hal ini tentu dibutuhkan dukungan dan peran serta aktif dari penduduk setempat" kata Pandu.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015