Paris (ANTARA News) - Undian untuk semifinal Liga Europa pada Jumat menjaga peluang terjadinya final sesama tim Italia ketika dua tim Liga Italia Napoli dan Fiorentina terhindar satu sama lain.

Napoli yang dilatih Rafael Benitez akan berhadapan dengan Dnipro dari Ukraina sedangkan Fiorentina akan menghadapi juara bertahan Sevilla di semifinal, di mana pertandingan-pertandingan pertama akan dimainkan pada Kamis 7 Mei dan pertandingan-pertandingan kedua dihelat ada Kamis 14 Mei.

Napoli, yang melaju ke semifinal Eropa pertama mereka sejak tim yang dikapteni Diego Maradona menjuarai Piala UEFA pada 1989, akan menjadi favorit untuk menaklukkan Dinpro yang untuk pertama kalinya tampil di semifinal kompetisi level Eropa.

Pelatih Rafa Benitez mengincar trofi Eropa lain untuk dimenangi setelah ia memimpin Valencia menjuarai piala UEFA pada 2004, sebelum menjuarai Liga Champions bersama Liverpool setahun kemudian, dan kemudian menjuarai Liga Europa bersama Chelsea pada 2013.

Sementara itu, penghargaan Fiorentina atas keberhasilan mereka menyingkirkan Dynamo Kiev dan mencapai semifinal pertamanya sejak Piala UEFA 2008 adalah pertemuan dengan sang juara bertahan, di mana pertandingan pertama akan dimainkan di Spanyol.

Setelah mengalahkan Benfica melalui adu penalti pada final tahun lalu di Turin, Sevilla tetap berada di jalur untuk mengulangi pencapaian mereka pada 2006 dan 2007, ketika mereka menjuarai Piala UEFA dalam dua tahun berturut-turut.

"Itu akan menjadi pertandingan yang sulit, kompetisi ini telah memberi kegembiraan besar kepada kami dan lawan apapun akan menyulitkan," kata direktur olahraga Sevilla Monchi.

"Fiorentina merupakan tim yang kompetitif. Untuk berada di sini kami telah menderita, kami akan berjuang untuk terus melaju dan kembali memenanginya."

Belum pernah terjadi final sesama tim Italia di kancah Eropa sejak AC Milan menang adu penalti atas Juventus untuk menjuarai Liga Champions pada 2003. Bagaimanapun, terdapat empat kali final sesama tim Italia di Piala UEFA pada era 1990-an.

Final akan dimainkan di ibukota Polandia Warsawa pada 27 Mei.

Untuk pertama kalinya, juara Liga Europa akan lolos ke Liga Champions musim mendatang, demikian AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015