Doa kami bersama semua orang Nepal dan negara tetangganya hari ini setelah gempa bumi yang telah mengguncang Lembah Nepal
PBB. New York (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Sabtu (25/4) menyampaikan belasungkawanya yang paling dalam kepada Pemerintah Nepal dan setiap orang yang menjadi korban gempa kuat yang mengguncang Lembah Kathmandu di Nepal.

Ban, atas nama PBB, menyampaikan belasungkawa dalam satu pernyataan khusus yang dikeluarkan pada Sabtu.

"Doa kami bersama semua orang Nepal dan negara tetangganya hari ini setelah gempa bumi yang telah mengguncang Lembah Nepal," kata Ban di dalam pernyataan tersebut, demikian laporan Xinhua, Minggu pagi.

"Laporan mengenai kehancuran masih berdatangan dan jumlah orang yang tewas, cedera serta jadi korban gempa ini terus bertambah. Jelas bahwa sangat banyak nyawa telah melayang. Juga terjadi kerusakan besar pada warisan budaya yang tak tergantikan di Nepal."

Menurut Ban, PBB mendukung Pemerintah Nepal dalam mengkoordinasikan operasi pencarian dan pertolongan internasional dan bersiap meningkatkan upaya bantuan.

Lebih dari 1.000 orang, termasuk 256 orang di Ibu Kota Nepal, Kathmandu, telah tewas akibat gempa bumi dengan kekuatan 8,1 pada Skala Richter yang mengguncang banyak wilayah Nepal, serta India Timur dan Bangladesh, bahkan Wilayah Otonomi Tibet di Tiongkok pada Sabtu.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015