Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan meraih peringkat kedua dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championships) 2015 yang berlangsung di Wuhan Tiongkok.

"Kami sudah memberikan yang terbaik, tapi kurang beruntung di lapangan. Kami ingin mengucapkan selamat kepada Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong," kata Ahsan selepas pertandingan putaran final di Wuhan Sports Center Gymnasium seperti dilansir Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Dalam putaran final yang berlangsung selama 73 menit, Hendra/Ahsan ditaklukkan ganda putra Korea Selatan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dalam tiga game dengan skor 21-18, 22-24, dan 19-21.

"Kami cukup puas dengan permainan kami hari ini dengan memberikan yang terbaik meskipun harus kalah," kata Hendra.

Pada game pertama, perolehan skor ganda putra unggulan Indonesia itu mendominasi sejak awal atas wakil Korea Selatan itu hingga berakhir 21-18.

Tapi pada game kedua, Lee/Yoo terus mengejar 4-2, 13-10, 17-17, 18-20, hingga 24-22.

Hendra/Ahsan sempat memimpin menjelang akhir game ketiga dengan 11-8, 14-11, dan 19-16. Tapi, setelah skor seimbang 19-19, ganda putra Indonesia itu dipaksa menyerah dengan hasil akhir 19-21.

Kepala pelatih ganda putra pelatnas PBSI Herry Imam Pierngadi mengatakan perjuangan Hendra/Ahsan telah maksimal dalam kejuaraan berhadiah total 200 ribu dolar AS itu.

"Hari ini dapat disebut Lee/Yoo yang beruntung. Sedangkan di Malaysia, Hendra/Ahsan yang beruntung. Dari sisi kemampuan, kekuatan mereka setara," kata Herry.

Kekalahan itu sekaligus menambah dominasi Lee/Yoo atas Hendra/Ahsan dalam sembilan pertemuan mereka dengan enam kemenangan diraih wakil Korea Selatan.

Sebelumnya, ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championships) 2015 yang diselenggarakan di Wuhan Tiongkok, Minggu.

Owi/Butet mampu menaklukkan Chun Hei Reginald Lee/Hoi Wah Chau dalam putaran final yang berlangsung selama 37 dengan skor 21-16 dan 21-15.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015