Manokwari (ANTARA News) - Aparat Brimob Polda Papua Barat yang dipimpin Wakapolda Kombes (Pol) Imam Margono berhasil membuka blokade seluruh instansi pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, Senin.

Wakapolda Papua Barat Kombes Pol Imam Margono yang ditemui di Manokwari, Senin, mengatakan aparat kepolisian membuka blokade seluruh instansi pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, setelah melakukan pendekatan dengan masyarakat yang melakukan blokade.

"Kepolisian membangun komunikasi dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama sehingga blokade seluruh instansi pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan berhasil dibuka tanpa ada perlawanan dari masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, aktivitas seluruh kantor instansi pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan yang sempat lumpuh akibat aksi blokade itu sudah berjalan normal seperti hari-hari biasanya.

Aksi blokade itu, kata Wakapolda, merupakan bentuk protes masyarakat terhadap Pemerintah Provinsi Papua Barat karena menugaskan Pelaksana Tugas Bupati yang tidak sesuai keinginan masyarakat.

"Tuntutan masyarakat meminta Gubernur Abraham Atururi membatalkan Lazarus Indou menjadi Plt Bupati Manokwari Selatan dan tetap mempertahankan Plt Bupati Edy Budoyo yang bulan ini berakhir masa jabatannya," ujarnya.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015