Dallas (ANTARA News) - Dallas Mavericks berhasil memenangi laga keempat putaran pertama playoff NBA dengan skor 121-109 atas Houston Rockets di American Airlines Center, Texas, Senin WIB.

Berkat kemenangan tersebut Mavericks memperpanjang nafas dan setidaknya memperoleh satu laga lagi untuk dijalani di putaran pertama playoff yang kini berkedudukan 3-1 untuk Rockets.

Kunci kemenangan Mavericks disokong penampilan apik dari point guard Monta Ellis yang sukses mencetak 31 poin serta bantuan dari veteran tim juara era 2010-2011, Jose Juan Barea, serta Al-Farouq Aminu yang baru pertama kali melantai sejak awal laga di rangkaian playoff sepanjang karirnya.

Baik Barea maupun Aminu sama-sama membukukan catatan double-double pertama mereka di rangkaian playoff, masing-masing secara berurutan dengan 17 poin dan 13 assist serta 16 poin dan 12 rebound.

Double-double juga diperoleh Tyson Chandler yang mencetak 10 poin dan mengamankan 14 kali rebound, dalam laga yang memperlihatkan keberhasilan Mavericks mengalahkan Rockets 52-38 untuk urusan rebound.

Sedangkan di kubu Rockets, James Harden mencetak 24 poin dan Dwight Howard menyumbang 13 poin.

Akan tetapi, Mavericks sukses mengendalikan permainan Howard setelah ia mencetak 10 poin, center itu hanya berhasil mengamankan tujuh kali rebound di pertandingan tersebut setelah di laga ketiga ia mencetak rekor pribadi rebound terbanyak di babak playoff dengan 26 kali di laga sebelumnya.

Di kuarter kedua dan ketiga, Rockets gagal menemui sasaran dalam 17 kali percobaan tembakan beruntun, berbanding terbalik dari kenyataan mereka sebagai tim dengan tembakan tiga angka tersubur sepanjang sejarah NBA di musim reguler yang dalam laga itu hanya memasukkan tujuh dari 31 kali percobaan.

Barea memimpin perolehan poin Mavericks 24-7 di paruh pertama guna menghapus keunggulan Rockets dan mengambil alih kedudukan menjadi 61-53 di akhir kuarter kedua.

Ia kembali memimpin serangan saat Mavericks memperoleh poin 20-2 di kuarter ketiga, yang diakhiri dengan tembakan tiga angkanya serta sebuah layup dari Ellis yang memberi keunggulan terbesar sepanjang laga tim asal kota Dallas itu dalam kedudukan 81-57.

Dengan hasil tersebut, kedua tim akan menjalani laga kelima yang dijadwalkan berlangsung di markas Rockets, Toyota Center, Houston, Rabu WIB, demikian laman resmi NBA.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015