Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia yang secara cepat mencari warga negara Indonesia yang terkena gempa di Nepal kemarin.

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya ribuan rakyat Nepal dalam bencana alam tersebut. Saya mengapresiasi langkah cepat Kemenlu khususnya Duta Besar Indonesia di Nepal yang langsung mencari 49 WNI, meski beberapa di antaranya hingga saat ini belum ditemukan atau belum dapat dihubungi," kata Novanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Dari jumlah keseluruhan WNI di Nepal saat ini sebanyak 49 orang yang terdiri dari 18 WNI tinggal tetap di Nepal, sementara 31 lainnya merupakan pengunjung. Dari 18 WNI tersebut, baru 9 orang yang bisa ditemukan, dan dari 31 pengunjung baru 11 WNI yang baru bisa di hubungi.

"Tentunya Kemenlu dan Duta Besar kita harus fokus mencari seluruh WNI di Nepal, karena rakyat Indonesia khususnya keluarga WNI sangat khawatir dengan keselamatan mereka," kata Novanto.

Terkait gempa bumi di Nepal yang terjadi hari Sabtu 25 April kemarin, DPR RI ikut mendorong rencana pemerintah untuk membantu rakyat Nepal dalam bentuk apapun setelah bencana alam gempa yang telah meluluh lantakan negara tersebut.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015