Jakarta (ANTARA News) - Sejak Apple memperkenalkan personal digital assistant Siri, hampir setiap perusahaan perangkat lunak menciptakan versinya sendiri untuk bersaing dengan Siri.

Setelah Google mempersenjatai sistem operasi Android-nya dengan Google Now dan Microsoft secara aktif memperbarui Cortana untuk platform Windows-nya, kini Yahoo memutuskan untuk ikut ambil bagian dengan proyek asisten virtual-nya sendiri yang dinamai Index.

"Produk-produk saat ini sangat sulit dibedakan satu sama lain, dan kami melihat kesempatan untuk bermain di mobile," kata Marissa Mayer, CEO Yahoo, seperti dilansir GSM Arena.

"Setelah bergerak ke smartwatch, layar televisi dan video, misalnya, kami berpikir bahwa ini benar-benar menarik, dapat membantu orang memahami akses ke konten dan konten email secara lebih baik, dengan menggunakan lebih banyak konteks untuk memberikan hasil dengan kualitas yang lebih tinggi," sambung dia.

Yahoo berencana untuk meluncurkan Indeks sebagai aplikasi smartphone. Index akan cukup pintar untuk memberitahukan notifikasi, email, dan kasus lainnya di telepon pintar.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015