Perth (ANTARA News) - Mantan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) membatalkan rencana perjalanannya ke Perth, Australia, dengan alasan keamanan jelang rencana eksekusi duo "Bali Nine" Myuran Sukumaran dan Andrew Chan di penjara Nusakambangan, Selasa tengah malam.

SBY awalnya dijadwalkan hadir dan memberikan pidato utama di acara Forum Kepemimpinan "In The Zone" yang diselenggarakan di University of Western Australia (UWA), Jumat (1/5).

"Dr Yudhoyono memutuskan untuk menunda kedatangannya ke Perth, tapi akan tetap menyampaikan pidato lewat video," kata Rektor UWA Prof. Paul Johnson, seperti dikutip dari laman resmi UWA, Selasa.

"Forum In The Zone digagas untuk memperkuat pemikiran dan pemahaman kerja sama ekonomi dan diplomasi Australia dengan tetangga-tetangganya di kawasan, termasuk Indonesia," ujar Johnson.

"In The Zone" mengeratkan kerja sama para pemangku kebijakan di Australia dan berbagai kota di Asia. Forum ini merupakan wadah bagi kota Perth dan negara bagian Australia Barat untuk berbagi visi di kawasan Asia Pasifik.

Tahun ini, "In The Zone" diadakan di Singapura 13 April dan di Perth pada 1 Mei.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015