Semua tahapan hingga pelaksanaan UN baik yang berbasis kertas maupun berbasis komputer sudah dilaksanakan, sehingga pada pengumuman 20 Mei mendatang diharapkan semua peserta asal Kaltim bisa lulus 100 persen,"
Samarinda (ANTARA News) - Hasil ujian nasional atau pengumuman kelulusan siswa kelas XII SMA dan yang sederajat berdasarkan jadwal yang telah disusun secara nasional akan dilaksanakan pada 20 Mei 2015, karena semua tahapannya telah dilaksanakan dengan lancar.

"Semua tahapan hingga pelaksanaan UN baik yang berbasis kertas maupun berbasis komputer sudah dilaksanakan, sehingga pada pengumuman 20 Mei mendatang diharapkan semua peserta asal Kaltim bisa lulus 100 persen," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Musyahrim di Samarinda, Selasa.

Musyahrim yang didampingi Wakil Koordinator UN Kaltim Agus Harry, melanjutkan pengumuman kelulusan diawali dengan penyerahan hasil dari Kemendikbud kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, kemudian dari provinsi langsung diserahkan kepada masing-masing kepala dinas di 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Dari masing-masing daerah, hasil kelulusan kemudian diserahkan kepada satuan pendidikan, sehingga pengumuman kelulusan siswa akan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Ia meyakini peserta dapat lulus 100 persen asalkan mereka mengikuti UN, karena hasil UN bukan merupakan penentu untuk mencapai kelulusan siswa, tetapi kelulusan akan ditentukan masing-masing satuan pendidikan.

Sementara hasil UN akan dijadikan acuan pelaksanaan pendidikan secara nasional, selain juga dijadikan pertimbangan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Saat ini, katanya, Dinas Pendidikan Kaltim juga telah menuntaskan distribusi materi UN jenjang SMP dan yang sederajat kepada 10 kabupaten/kota di Kaltim. Sedangkan pelaksanaan UN SMP akan digelar pada 4-6 Mei 2015.

Jumlah peserta UN SMP dan yang sederajat di Kaltim untuk tahun pelajaran 2014/2015 ini mencapai 53.995 siswa, termasuk peserta dari program pendidikan kesetaraan paket B atau yang setara dengan SMP.

Jumlah peserta sebanyak itu terbesar dari Kota Samarinda dengan jumlah peserta mencapai 12.894 siswa. disusul dari Kabupaten Kutai Kartanegara dengan jumlah 11.095 siswa, dan terbanyak ketiga berasal dari Kota Balikpapan yang tercatat 10.837 siswa.

Pewarta: M Ghofar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015