Dengan potensi atlet yang ada, kami harus betul-betul membicarakan dan juga harus jeli melihat nomor-nomor mana yang nantinya bisa dipertandingkan di Asian Games agar atlet kita mendapatkan medali,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo mengharapkan setiap cabang olahraga mempersiapkan dan mengajukan nomor-nomor pertandingan yang bisa mendapatkan medali dalam Asian Games 2018 di Indonesia.

"Dengan potensi atlet yang ada, kami harus betul-betul membicarakan dan juga harus jeli melihat nomor-nomor mana yang nantinya bisa dipertandingkan di Asian Games agar atlet kita mendapatkan medali," kata Rita setelah meninjau persiapan pelatnas SEA Games Panahan di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa.

Selain itu, kata Rita, pihaknya juga akan mengamati lawan-lawan Indonesia dalam SEA Games 2015 sebagai bagian dari persiapan Asian Games 2018.

"Jadi, jangan berhenti sampai SEA Games saja karena menurut saya komposisi atlet-atletnya tidak akan banyak berubah untuk Asian Games nanti," kata Rita.

Ia juga menyatakan pihaknya harus berjuang terlebih dahulu untuk memasukkan nomor-nomor andalan yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018 ke Olympic Council of Asia (OCA).

"Kalau cabang olahraganya sudah masuk sedangkan nomor-nomornya yang belum, ini sedang kami persiapkan dari sekarang," tuturnya.

Sampai saat ini, Keputusan Presiden (Keppres) terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 belum diteken atau ditandatangani.

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-18 setelah Vietnam mengundurkan diri karena alasan finansial.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015