Los Angeles (ANTARA News) - Legenda Olimpiade Michael Phelps mengatakan bahwa dirinya akan tetap mengikuti pelatih jangka panjangnya Bob Bowman, yang pekan lalu dinobatkan menjadi pelatih renang di Arizona State University (ASU) .

Peraih medali emas Olimpiade 18 kali, yang sebelumnya bekerja bersama Bowman di Klub Aquatic Baltimore Utara, dikonfirmasi perpindahannya itu melalui serangkaian tweets pada Senin.

"Saya mendukung untuk Bob, ini adalah kesempatan besar untuk dia dan saya tahu dia akan berhasil membangun program besar di ASU." tulis perenang berusia 29 tahun itu.

"Dia telah ada untuk saya sepanjang karir saya dan dia akan selalu menjadi pelatih saya.

"Saya akan terus berlatih di bawah dia di Arizona dan berharap untuk mengikuti program pelatihan yang telah kami tetapkan di tempat kita bekerja menuju 2016."

Phelps, yang tercatat dengan kemenangan terbarunya sejak kembali ke kompetisi setelah dilarang bertanding pada delapan hari lalu, sedang tertuju pandangan pada Olimpiade kelimanya di Rio pada tahun 2016.

Phelps memenangkan rekor delapan medali emas di Olimpiade Beijing 2008 dan pensiun setelah Olimpiade London 2012 dengan catatan rekor 22 medali Olimpiade, tapi kembali berkiprah tahun lalu.

Tapi pada September lalu ia dihukum dengan larangan bertanding enam bulan oleh badan renang Amerika setelah tertangkap mengemudi dalam keadaan mabuk.

(Uu.D011/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015