Muenchen (ANTARA News) - Borussia Dortmund memastikan diri ke partai final Piala Jerman setelah menyingkirkan juara bertahan Bayern Muenchen di babak semi final lewat drama adu penalti.

Laga di Allianz Arena, Rabu pagi WIB, harus dilanjutkan ke drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal dan 2x15 menit waktu tambahan.

Empat algojo Muenchen tak satu pun berhasil menunaikan tugasnya dengan baik dalam drama adu penalti, mereka secara berurutan adalah Philipp Lahm, Xabi Alonso, Mario Goetze dan Manuel Neuer.

Sementara di kubu Dortmund, Ilkay Gundogan dan Sebastian Kehl sukses menyarangkan bola ke gawang dari titik putih, sedangkan eksekusi Mats Hummels selaku penendang ketiga digagalkan Neuer.

Bagi Dortmund, keberhasilan mereka melangkah ke partai final boleh jadi membuka peluang Piala Jerman sebagai trofi terakhir yang dipersembahkan pelatih Jurgen Klopp untuk Pasukan Hitam Kuning itu, mengingat kontraknya sudah diputusi berakhir di pengujung musim ini.

Di partai final, Dortmund menantikan pemenang dari laga semi final lain antara Arminia Bielefeld dan VfL Wolfsburg yang akan berlangsung Kamis pagi WIB.

Sepanjang permainan, Dortmund sebetulnya berada di bawah tekanan tuan rumah yang menguasai 65 persen bola dan melepaskan 19 percobaan tembakan yang hanya enam di antaranya tepat sasaran dan dua lain menghantam mistar gawang.

Tuan rumah lebih dulu unggul melalui Robert Lewandowski pada menit 29 yang tidak sungkan-sungkan merayakan gol yang ia lesakkan ke gawang mantan klubnya itu.

Sayangnya meski terus menyerang dan mengendalikan permainan, Muenchen gagal untuk memperbesar keunggulan mereka.

Justru Dortmund menyamakan kedudukan pada menit 75 melalui Pierre-Emerick Aubameyang melalui sudut sempit memanfaatkan umpan angkat dari Henrikh Mkhitaryan.

Setelah melewati dua kali babak tambahan, keadaan tak berubah dan Josep Guardiola harus memupus harapan meraih trigelar musim ini bersama Muenchen.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi Der Kicker.

Bayern Muenchen (4-3-3): Manuel Neuer (PG); Rafinha, Medhi Benatia, Jerome Boateng, Juan Bernat; Philipp Lahm, Xabi Alonso, Thiago Alcantara (Arjen Robben/Mario Goetze); Mitchell Weiser, Robert Lewandowski, Thomas Mueller (Bastian Schweinsteiger)
Pelatih: Josep Guardiola

Borussia Dortmund (4-3-2-1): Mitchell Langerak (PG); Erik Durm, Sokratis Papastathopoulos, Mats Hummels, Marcel Schmelzer; Jakub Blaszczykowski (Kevin Kampl), Sven Bender (Sebastian Kehl), Ilkay Gundogan; Shinji Kagawa (Henrikh Mkhitaryan), Marco Reus; Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Juergen Klopp

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015