Sukabumi (ANTARA News) - Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning mengatakan penanganan masalah Tenaga Kerja Indonesia atau TKI harus menjadi pembahasan utama dan yang terpenting dicari solusi yang tepat.

"Selama ini pembahasan masalah TKI masih jadi ajang seremonial seperti, diskusi LSM, seminar akademisi, konferensi pers serikat buruh migran, unjuk rasa dan lain-lain hanya menjadi agenda rutin saja, tetapi tidak ada solusi untuk memecahkan masalah ini," katanya di Sukabumi, Selasa.

Dia memberi contoh, penahanan enam TKW asal Kabupaten Sukabumi yang beralamat di tiga kecamatan menjadi contoh, masih lemahnya dalam memberikan perlindungan terhadap pahlawan devisa ini.

Masalah lain adalah perbedaan karakter masyarakat negara lain dengan WNI yang bekerja di negara itu.

Ribka mengatakan perlu adanya kebijakan yang kuat untuk menyelesaikan masalah TKI ini, khususnya BNP2TKI, pimpinan Komisi IX DPR RI dan pemerintah yang harus berani mengeluarkan kebijakan agar TKI bisa terlindungi dan terjaga harkat dan martabatnya.

"Kementerian Luar Negeri dan BNP2TKI harus segera mengambil sikap agar TKI khususnya dari Kabupaten Sukabumi yang ditahan majikannya dan mengalami permasalahan lainnya bisa segera dipulangkan," kata Ribka.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015