Copenhagen (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel, Selasa (28/4) mengatakan negara Uni Eropa mesti melancarkan upaya bersama untuk menangani masalah pengungsi.

Saat berbicara pada satu taklimat setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt, Merkel mengatakan sistem pembagian pengungsi secara adil, dengan dasar penduduk dan kekuatan ekonomi masing-masing negara, mesti diberlakukan.

"Kita semua memiliki tanggung jawab. Pertanyaannya ialah bagaimana kita mengalokasikan orang yang datang, dan siapa yang mesti dibantu," kata Merkel dalam taklimat tersebut di Denmark, sebagaimana dikutip Xinhua.

Selama pertemuan mereka, Merkel dan Thorning-Schmidt juga membahas masalah kepentingan bersama, termasuk hubungan bilateral, krisis Ukraina dan pemulihan ekonomi Ekonomi setelah krisis.

Merkel mengatakan kedua negara mereka saat ini memiliki hubungan yang baik dan persahabatan kendati ada masalah berdasarkan sejarah.

Kedua pemimpin tersebut berbicara mengenai rencana pembangunan terowongan sepanjang 18 kilometer di bawah Laut Baltik untuk menghubungkan Denmark dan Jerman.

Menurut Thorning-Schmidt, Parlemen Denmark pada Selasa menyepakati hukum yang mengizinkan pembungan proyek itu dimulai dan pencairan dana.

Merkel mengatakan pemerintahnya akan memberi dukungan bagi proyek tersebut, tapi ia tak bisa menjanjikan apa-apa.

"Kami akan berusaha menjamin bahwa semuanya dilaksanakan semulus mungkin. Tapi saya tak bisa menjanjikan apa-apa atas nama para pemain, saya tak memiliki pengaruh," kata Merkel.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015